Seluruh pihak agar menciptakan iklim dan lingkungan yang aman serta nyaman bagi perempuan dan anak... termasuk tidak mudik dengan kendaraan roda dua dengan jarak jauh sambil membawa anak usia balita
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengajak seluruh pihak untuk terlibat dalam menciptakan iklim dan lingkungan yang aman serta nyaman bagi perempuan dan anak dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Seluruh pihak agar menciptakan iklim dan lingkungan yang aman serta nyaman bagi perempuan dan anak selama arus mudik dan arus balik Lebaran, termasuk tidak mudik dengan kendaraan roda dua dengan jarak jauh sambil membawa anak usia balita," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA Nahar dalam keterangan, di Jakarta, Rabu.

Nahar pun berpesan bila masyarakat melihat atau mengalami kekerasan terhadap perempuan dan anak pada saat mudik Lebaran agar dapat menghubungi layanan yang tersedia.

Baca juga: Pengelola layanan publik diminta siapkan fasilitas ramah perempuan

"Kementerian PPPA juga telah menyediakan Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA 129) pada hotline 129 atau WhatsApp di nomor 08111-129-129," katanya.

Nahar juga meminta pengelola layanan publik yang berkaitan dengan arus mudik agar menyediakan sarana dan prasarana untuk pelaporan kekerasan yang mungkin saja terjadi terhadap pemudik perempuan dan anak.

Pihaknya berharap pos pelayanan pengaduan kekerasan tersedia selama arus mudik hingga arus balik, sehingga dapat memberikan akses kemudahan kepada perempuan dan anak jika mereka mengalami kekerasan atau sejenisnya.

Baca juga: Menteri PPPA dorong situasi mudik aman dan ramah perempuan dan anak

Sementara Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti mengatakan  pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan untuk mendukung terlaksananya mudik ramah perempuan dan anak.

Berbagai sarana dan prasarana telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pemudik, kata dia, khususnya perempuan dan anak pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

"Saat ini Jasa Marga telah menyediakan ruang laktasi pada 22 rest area, area bermain anak di 7 rest area, toilet disabilitas di 50 rest area, dan posko kesehatan di 35 rest area se-Indonesia," kata Fitri Wiyanti.

Baca juga: Jasa Marga imbau pemudik perhatikan kesehatan anak selama mudik

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024