Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan upaya untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas harus dilakukan dengan segera mengatasi sejumlah masalah mendasar yang dihadapi sektor ekonomi kerakyatan itu secara konsisten.
 
Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, dia mengatakan potensi sektor UMKM di Tanah Air harus mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai salah satu instrumen dalam proses peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Rerie, sapaan karib Lestari, lantas mengingatkan agar potensi bertambahnya pelaku UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia yang diproyeksikan Bank Dunia (2023) mencapai 83,3 juta pelaku pada 2034 itu tidak disia-siakan.
 
"Jangan sampai sia-sia bila mengabaikan langkah mendasar yang harus dilakukan untuk keberlanjutan pertumbuhan sektor UMKM," ucapnya.

Baca juga: MenKopUKM ajak DPD RI dukung pembangunan industri berbasis koperasi

Baca juga: Kemenkumham ingatkan UMKM segera lindungi usaha dalam bentuk perseroan
 
Rerie berharap sejumlah masalah mendasar yang dihadapi sektor UMKM dan telah teridentifikasi dapat segera diambil langkah-langkah penanganan yang tepat agar sektor UMKM nasional mampu tumbuh signifikan.
 
Dia juga mendorong agar para pemangku kepentingan di tingkat pusat maupun daerah peduli terhadap upaya pengembangan sektor UMKM di Tanah Air.
 
Rerie pun berharap dengan partisipasi semua pihak tersebut maka sektor UMKM nasional dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi yang mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia lebih baik.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024