Xining (ANTARA) - Seekor bangau putih oriental, spesies burung yang mendapat perlindungan nasional kelas satu di China, terlihat di Danau Qinghai, danau air asin pedalaman terbesar di negara tersebut.

Administrasi Cagar Alam Nasional Danau Qinghai mengungkapkan spesies bangau itu terlihat di wilayah Haiyan, Prefektur Otonom Etnis Tibet Haibei di Provinsi Qinghai, China barat laut. Wilayah Haiyan terletak di tepi utara Danau Qinghai.

Bangau putih oriental dicantumkan sebagai spesies terancam punah oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature/IUCN). Spesies ini sebagian besar mendiami perairan dangkal di tepi danau, reservoir, dan telaga.

Menurut IUCN, kemunculan bangau ini mencerminkan membaiknya lingkungan ekologis danau tersebut, yang merupakan bagian penting dari koridor migrasi internasional bagi burung.

Saat ini, sekitar 606.000 ekor unggas air menghuni Danau Qinghai sepanjang tahun, yang menjadikannya tempat berkembang biak dengan populasi burung migran terbesar dan paling terkonsentrasi di China. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024