Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam (DSI) menyatakan pawai takbir keliling menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah di Aceh ditiadakan digantikan dengan Festival Takbiran di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

"Untuk tahun ini tidak kita adakan pawai takbir, tapi kita gantikan dengan Festival Takbiran di halaman Masjid Raya pada malam Lebaran," kata Kepala
DSI Aceh, Zahrol Fajri, di Banda Aceh, Rabu.

Zahrol menyampaikan, pawai takbiran tidak dapat digelar sehubungan dengan adanya program strategis nasional yang akan berlangsung di Aceh yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Sehingga sebagian program harus menyesuaikan untuk menyukseskan program nasional tersebut," ujarnya.

Selain itu, kata dia, alasan lain pawai obor menyambut Idul Fitri tahun ini ditiadakan juga karena kondisi jalanan di wilayah Banda Aceh yang sedang dalam perbaikan oleh dinas setempat.

"Terowongan-terowongan di jalan sedang diperbaiki itu sangat mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Meskipun tidak ada pawai obor, Zahrol menyampaikan, masyarakat Aceh tetap bisa merasakan kemeriahan malam Idul Fitri dengan menyaksikan gema takbiran yang diperlombakan di halaman Masjid Raya Baiturrahman.

"Masyarakat silakan nanti datang ke Masjid Raya menyaksikan lomba takbir dari enam utusan peserta dari perwakilan gampong di Aceh Besar dan Banda Aceh, mereka yang menang pada tahun lalu dan akan difinalkan kembali," jelas Zahrol Fajri.
 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024