Simpang Empat,- (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menurunkan dua unit perahu karet untuk mengevakuasi korban banjir di Jorong Kemakmuran, Nagari (Desa) Sinuruik Kecamatan Talamau, Rabu (3/4) malam.
 
"Tim BPBD telah sampai ke lokasi banjir dengan membawa dua perahu karet. Saat ini evakuasi korban banjir segera kita lakukan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pasaman Barat Zulkarnain di Simpang Empat, Rabu.
 
Ia mengatakan tim BPBD saat ini menuju daerah terparah terdampak banjir. Korban banjir nantinya akan dievakuasi ke tempat yang aman.

Baca juga: Banjir landa Jorong Kemakmuran Sinuruik Talamau Pasaman Barat
 
"Berapa jumlah rumah terdampak banjir masih dilakukan pendataan di lapangan. Kita fokus mengevakuasi warga terlebih dahulu," katanya.
 
Banjir yang melanda daerah itu dipicu tingginya curah hujan sejak Rabu (3/4) sore mengakibatkan air Sungai Batang Taluak Ambun meluap.
 
Selain itu, kata dia, jalan Talu-Panti Kabupaten Pasaman tidak bisa dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4 karena terjadi longsor di tiga titik antara Nagari (Desa) Talu dengan Jorong Tinggam.

Baca juga: BPBD Pasaman Barat turunkan tim ke lokasi rawan banjir
 
Wali Nagari (Kepala Desa) Sinuruik Frianton mengatakan saat ini curah hujan di lokasi itu masih tinggi namun air sudah mulai surut.
 
Ia mengimbau warga tetap waspada terhadap banjir susulan karena curah hujan masih tinggi.
 
Ia bersama pihak kecamatan dan BPBD terus berkoordinasi untuk memberikan bantuan kepada korban banjir.

Baca juga: BPBD Pasaman Barat evakusi 21 korban banjir
 
"Tim BPBD telah datang dan evakuasi dilakukan. Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa dan banjir susulan," ujarnya.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024