Iklim bisnis pada industri otomotif Jerman mengalami peningkatan penting pada Maret seiring dengan indikator terkait yang melonjak 4,1 poin mencapai minus 5,8 poin
Berlin (ANTARA) - Iklim bisnis pada industri otomotif Jerman mengalami peningkatan penting pada Maret seiring dengan indikator terkait yang melonjak 4,1 poin mencapai minus 5,8 poin, seperti dilaporkan lembaga kajian dari Jerman, ifo, Rabu (3/4).

"Industri otomotif Jerman tampaknya telah bangkit dari kondisi ekonomi yang lemah di paruh kedua 2023 dan menyongsong masa depan dengan lebih percaya diri," ujar Pakar di ifo, Anita Woelfl.

Ekspektasi bisnis untuk enam bulan ke depan jauh lebih positif, namun masih berada di zona negatif. Indikator tersebut naik dari minus 29,5 poin pada Februari menjadi minus 18,7 poin pada Maret 2024.
 
Seorang pengunjung (kiri) mencoba mobil Porsche di China International Consumer Products Expo (CICPE) ketiga di Haikou, Provinsi Hainan, China selatan, 13 April 2023. (ANTARA/Xinhua/Yang Guanyu)
  


Ifo juga melaporkan bahwa prospek ekspor sangat menjanjikan, dengan indikator yang menunjukkan keseimbangan dua digit positif untuk pertama kalinya.

Optimisme ini dapat dikaitkan dengan perkembangan positif di China dan Amerika Serikat, yang dikenal sebagai "dua pasar penjualan paling penting bagi industri otomotif Jerman".

Tantangan dalam pasokan produk perantara utama semakin berkurang dalam beberapa bulan terakhir yang mengindikasikan bahwa upaya yang dilakukan oleh industri mobil Jerman untuk memperkuat rantai pasokan sejak dimulainya pandemi mulai membuahkan hasil, kata Woelfl.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024