Jakarta (ANTARA) - Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa kematian tujuh pekerja bantuan kemanusiaan World Central Kitchen (WCK) di Gaza pada Senin (1/4) waktu setempat adalah sebuah tragedi.

Melalui keterangan tertulis Kedubes AS di Jakarta, Kamis, Biden mengatakan bahwa dirinya marah dan terpukul atas kematian tujuh pekerja bantuan kemanusiaan tersebut, yang salah satunya adalah warga negara AS.

“Mereka menyediakan makanan bagi warga sipil yang kelaparan di tengah perang. Mereka adalah pemberani dan tidak mementingkan diri sendiri. Kematian mereka adalah sebuah tragedi,” kata Biden.

Biden mengatakan Israel belum berbuat cukup untuk melindungi para pekerja bantuan kemanusiaan yang berusaha memberikan bantuan untuk warga sipil.

Dia juga menambahkan bahwa konflik Palestina-Israel merupakan salah satu konflik yang terburuk dalam sejarah karena banyak pekerja bantuan kemanusiaan yang tewas.

Biden mengatakan bahwa AS akan terus melakukan segala upaya untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil Palestina di Gaza.

“Saya akan terus menekan Israel untuk berbuat lebih banyak dalam memfasilitasi bantuan tersebut,” ujar Biden.

Biden juga menyebutkan bahwa AS berupaya keras untuk mendorong gencatan senjata dengan segera sebagai bagian dari kesepakatan terkait sandera.

Selain itu, Biden mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan pendiri WCK, Chef José Andrés, untuk menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya para pekerja bantuan kemanusiaan WCK.

Dia juga menyatakan dukungan yang berkelanjutan terhadap upaya tanpa henti atas semua hal yang telah dilakukan oleh WCK dan tim untuk memberikan makanan kepada orang-orang kelaparan di seluruh dunia.

Mengenai kematian pekerja bantuan kemanusiaan tersebut, Biden mengatakan bahwa Israel telah berjanji untuk melakukan penyelidikan menyeluruh atas kejadian itu.

“Investigasi tersebut harus cepat dilakukan, harus ada pertanggungjawaban, dan temuannya harus dipublikasikan,” kata Biden.

Baca juga: Organisasi bantuan kemanusiaan tidak dapat beroperasi aman di Gaza
Baca juga: Malaysia kutuk serangan udara Israel tewaskan pekerja bantuan WCK
Baca juga: WCK hentikan operasi di Gaza usai tujuh pekerjanya tewas oleh Israel


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024