Denpasar (ANTARA) - PT Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar, Bali, memberangkatkan sebanyak 202 orang pemudik menuju tiga kota di Provinsi Jawa Timur dalam program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan) Pegadaian yang wajib dilaksanakan oleh seluruh BUMN di Indonesia," kata Pimpinan Wilayah Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar Supriyanto di Denpasar, Kamis.  

Acara Mudik Gratis Bersama BUMN Pegadaian tersebut dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana bersama Supriyanto di Kantor Pegadaian Kanwil VII Denpasar di Jalan Raya Puputan Renon Denpasar.  

Supriyanto merinci 202 orang yang mengikuti mudik gratis ke Provinsi Jawa Timur ini sebanyak 41 orang dengan tujuan Lumajang, 43 orang dengan tujuan Malang dan 118 orang dengan tujuan Surabaya.

Pelepasan acara mudik gratis, lanjut dia, dilaksanakan secara serentak di 11 titik kantor Pegadaian di seluruh Indonesia dengan total jumlah peserta mencapai 3.000-an orang.

Menurut Supriyanto, melalui layanan mudik gratis ini Pegadaian berkesempatan untuk membantu agar masyarakat umum dan nasabah dapat bersilaturahmi dengan keluarga besarnya di kampung halaman masing-masing.  

"Kami menyampaikan selamat jalan dan insya-Allah sampai di tempat tujuan dengan selamat. Selamat menikmati memori masa kecil masing-masing dengan teman-teman di kampung halaman. Selamat menikmati makanan kesukaan yang mungkin sudah lama tidak dinikmati di Denpasar," ucapnya lagi.

Pegadaian Denpasar sengaja memberangkatkan pemudik sebelum arus puncak kepadatan mudik dengan harapan dapat sampai di tempat tujuan lebih cepat.

Pihaknya berkomitmen kegiatan mudik gratis ini ke depannya dapat terus berlangsung secara berkelanjutan.  

Sebelum diberangkatkan, para pemudik mendapatkan pembagian cenderamata dan konsumsi serta berkesempatan meraih emas batangan melalui undian.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana memberikan apresiasi kepada Pegadaian yang sudah peduli terhadap aktivitas lingkungan dan sosial masyarakat di Kota Denpasar.

Wiradana pun berharap agar BUMN-BUMN lainnya yang ada di Ibu Kota Provinsi Bali ini juga dapat menyisihkan dana CSR atau TJSL dalam berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat.

"Kepada para pemudik kami doakan agar sampai tujuan dengan selamat dan selalu sehat. Tetap berhati-hati di jalan dan semoga perjalanan dilancarkan," ucapnya lagi.

Yahudi, salah seorang pemudik yang juga nasabah Pegadaian, mengaku sangat terbantu dengan adanya mudik gratis Pegadaian ini. Terlebih harga tiket bus tujuan Surabaya juga pada Lebaran tahun 2024 naik dibandingkan tahun sebelumnya Rp400 ribu kini menjadi Rp500 ribu.

"Saya mudik bersama empat anggota keluarga. Saya berharap kegiatan mudik gratis dapat berkelanjutan," ucapnya.

Zaeniah, pemudik lainnya juga berpandangan senada dengan Yahudi. "Enak dapat ikut mudik gratis seperti ini," ujar wanita yang akan mudik ke Surabaya bersama tiga anggota keluarganya.

Baca juga: Pemprov DKI memberangkatkan 279 bus program Mudik Gratis 2024

Baca juga: SPTP gelar mudik gratis 500 orang dari Pelabuhan Tanjung Perak

Baca juga: Pertamina berangkatkan 4.000 pemudik ke 17 kota tujuan









 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024