Ini kita konsentrasi di alkesnya, kemudian karena di sini tempat tidurnya kurang, ruangannya kurang, sehingga konsentrasi juga di pembangunan gedung untuk menambah ruangan sehingga tempat tidur menjadi bertambah
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Hanafie Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, pada Kamis, untuk meninjau langsung infrastruktur dan ketersediaan alat-alat kesehatan (alkes).

Melalui kunjungan tersebut, Kepala Negara ingin memastikan bahwa alkes yang diberikan pemerintah dapat berfungsi dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Saya ingin melihat peralatan-peralatan, alkes yang sudah diberikan pemerintah pusat, baik lewat DAK (Dana Alokasi Khusus) maupun langsung dari Kementerian Kesehatan, betul-betul berguna dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Presiden Jokowi memaparkan bahwa sejumlah alkes di RSUD H Hanafie Muara Bungo mulai dari cath lab, mammografi, hingga CT scan, telah berfungsi dengan baik. Selain itu RSUD H. Hanafie Muara Bungo juga telah memiliki beberapa dokter spesialis.

Baca juga: Presiden tinjau pasar dan RSUD dalam kunjungan kerja ke Jambi

"Yang kurang memang MRI, yang nanti akan kami usahakan juga segera bisa dimiliki rumah sakit daerah Muara Bungo ini tahun ini," kata Presiden Jokowi.

Tidak hanya alkes, Presiden Jokowi turut menyoroti kebutuhan peningkatan kapasitas pelayanan di RSUD H Hanafie Muara Bungo. Menurutnya, kapasitas ruang perawatan maupun tempat tidur di RSUD tersebut masih belum memadai.

"Sehingga perlu dibangun lagi untuk menambah kapasitas dari rumah sakit ini. Karena ini melayani tidak hanya Muara Bungo saja, melayani Dharmasraya, melayani Merangin, Tebo, dan lain-lain," ucap Presiden Jokowi.

Presiden menegaskan pemerintah akan fokus pada evaluasi dan peningkatan infrastruktur RSUD H Hanafie Muara Bungo. Ia juga telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera mengirimkan tim ke lapangan.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut Pasar Modern Muara Bungo masih perlu penataan

"Tadi saya sampaikan ke Menteri PU nanti kirim tim ke sini, karena DED (Detail Engineering Design)-nya sudah ada, apakah perlu direvisi? Atau perlu diulang DED-nya? Nanti lihat setelah ada tim yang akan masuk ke lapangan," ujar Presiden Jokowi.

Presiden pun menyatakan pemerintah akan berkonsentrasi pada penyediaan alkes serta pembangunan gedung untuk meningkatkan kapasitas pelayanan.

"Ini kita konsentrasi di alkesnya, kemudian karena di sini tempat tidurnya kurang, ruangannya kurang, sehingga konsentrasi juga di pembangunan gedung untuk menambah ruangan sehingga tempat tidur menjadi bertambah," paparnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan ini adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, dan Bupati Bungo Mashuri.

Baca juga: Presiden instruksikan PUPR tata ulang Pasar Muara Bungo Jambi

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024