Jakarta (ANTARA) - Federasi Sepak Bola Seluruh Asia Tenggara (AFF) menjalin kerja sama dengan e-commerce Shopee untuk menggelar kompetisi klub se-Asia Tenggara (ASEAN) dengan titel turnamen ASEAN Shopee Cup.

Dilansir dari keterangan resmi AFF, Kamis, Format turnamen ASEAN Shopee Cup akan menggunakan sistem format liga dengan melakukan seleksi tim melalui babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup.

Nantinya turnamen ini akan diikuti oleh 12 klub se-Asia Tenggara dengan mempertandingkan 40 pertandingan dalam satu musim.

"Hari ini menandai tonggak monumental lainnya dalam sepak bola ASEAN. Shopee Cup akan sangat penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN dan
mengubah permainan di wilayah tersebut," kata Presiden AFF Khiev Sameth.

"Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi untuk wilayah ini memimpin klub untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan ASEAN lokal yang terkenal secara global dan mitra gelar pertama ASEAN Club Championship," tambahnya.

Shopee Cup dijadawalkan akan dimulai tahun ini pada 17 Juli hingga 21 Mei 2025 mendatang. Peserta dari gelaran turnamen ini diambil berdasarkan tim yang menjadi juara di setiap kompetisi liga. Untuk tim dari Liga Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam akan memperoleh dua slot (juara dan runner-up) yang otomatis tanpa melalui tahap kualifikasi.

Slot tim lainnya akan diisi oleh juara Liga Filipina dan Singapura. Sedangkan untuk dua slot tersisa akan diperebutkan oleh juara liga dari Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam dan Laos yang akan bersaing melalui babak play-off kualifikasi.

Nantinya 12 tim yang dipastikan telah mengamankan tiket akan diundi ke dalam babak grup dengan setiap grup berisi enam tim. Dalam babak penyisihan grup tersebut diperebutkan dua tiket untuk menuju babak semifinal yang menggunakan sistem gugur.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan AFF sebagai sponsor utama Shopee Cup perdana. Shopee Cup mempersembahkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan penggemar di seluruh kawasan Asia Tenggara dan terlibat dengan kaum muda," kata Direktur Komersial Shopee Zhou Jun Jie.


 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024