Para petugas sudah mulai melakukan pengamanan mulai tanggal 3-18 April untuk melayani para pemudik......
Solo (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengecek kesiapan Stasiun Solobalapan menghadapi mudik Lebaran 2024.

"Saat ini kami dengan Forkompinda Provinsi Jawa Tengah dan Surakarta ada di Stasiun Solobalapan mengecek atau memantau kesiapan Stasiun Solobalapan untuk menerima pemudik," katanya di sela pengecekan di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan hingga saat ini arus padat pemudik belum terlihat di Stasiun Solobalapan. Bahkan, arus penumpang terlihat masih sama dengan hari biasa.

Baca juga: Penumpang Terminal Kalideres diprakirakan capai 3.000 pada H-6 Lebaran

Ia memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi di tanggal 6, 7, dan 8 April.

Meski belum menjadi puncak mudik, dikatakannya, sudah berlangsung posko pengamanan yang melibatkan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, dan mitra kerja terkait.

"Para petugas sudah mulai melakukan pengamanan mulai tanggal 3-18 April untuk melayani para pemudik. Sedangkan posko di internal stasiun akan dimulai tanggal 5-16 April," katanya.

Baca juga: Puncak arus mudik di Terminal Pulogebang diperkirakan pada H-3 Lebaran

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan Kota Solo siap menghadapi kedatangan para pemudik.

 Ia mengatakan salah satu yang dilakukan yakni pemerintah berupaya mengebut perbaikan infrastruktur yang menjadi akses utama para pemudik.

"Salah satunya Viaduk Gilingan. Insya Allah mudik aman dan nyaman," katanya.

Ia mengatakan dari kepolisian dan Dinas Perhubungan juga sudah menyiapkan pengaturan lalu lintas di sejumlah titik yang akan dilalui para pemudik.

Baca juga: Pascabanjir, Terminal Kudus siapkan posko layanan informasi 24 jam

Ia juga mengimbau para pemudik untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan perjalanan.

"Hati-hati semuanya, semoga puasa dilancarkan dan Lebaran bertemu dengan keluarga," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024