Posko yang dibentuk tersebut tersebar di seluruh terminal dan pelabuhan penyeberangan yang di dalamnya merupakan para petugas Dishub Provinsi dan kabupaten/kota di Aceh
Banda Aceh (ANTARA) -
Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Aceh menyatakan untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2024 dibentuk 40 posko yang tersebar di seluruh daerah itu.

“Posko yang dibentuk tersebut tersebar di seluruh terminal dan pelabuhan penyeberangan yang di dalamnya merupakan para petugas Dishub Provinsi dan kabupaten/kota di Aceh,” kata Kepala Dishub Aceh T Faisal di Banda Aceh, Kamis.
 
Untuk menyukseskan angkutan mudik Lebaran 2024  pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh Dishub  kabupaten/kota dengan total personel yang akan berada di seluruh posko sebanyak 500 orang.

Baca juga: Posko mudik sangat membantu masyarakat, sebut Bupati Aceh Besar

Ia menyebutkan personel yang terlibat khusus untuk Posko Dishub tersebut terdiri dari 200 personel provinsi dan 300 personel dari kabupaten/kota.

“Empat puluhan posko tersebut merupakan milik Dishub dan nanti juga akan ada posko terpadu dengan lintas instansi lainnya serta pengamanan yang siap untuk memperlancar mudik Lebaran 2024 di Tanah Rencong,” katanya.
 
Ia mengimbau agar para pemudik untuk melakukan pengecekan kendaraan berkala sebelum mudik dan tidak memaksakan diri serta beristirahat yang cukup saat mudik Lebaran. 

Baca juga: Plt Gubernur Aceh akan tinjau posko mudik Lebaran Idul Fitri
“Pengecekan kendaraan dengan kondisi laik jalan dan memastikan kondisi sehat merupakan bagian antisipasi dari musibah yang tidak diinginkan saat akan pulang ke kampung halaman,” katanya.

Pihaknya juga mengingatkan para pemudik untuk tetap berhati-hati di titik rawan longsor dan kemacetan, seperti di kawasan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Gunung Geurutee, Seulawah, Simpang Pidie, dan Simpang Elak Aceh Utara.

Baca juga: Wali Kota Banda Aceh minta sopir utamakan keselamatan penumpang
 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024