Labuan Bajo (ANTARA) - Basarnas Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengerahkan sebanyak 69 personel dalam siaga SAR (Search And Rescue) khusus Lebaran 2024.
 
"Kami minta personel menjaga sikap profesionalisme di lapangan dan selalu berkoordinasi dengan potensi SAR," kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Kamis.
 
Supriyanto Ridwan memimpin apel pembukaan siaga SAR di Sikka yang diikuti oleh personel rescuer, anak buah kapal (ABK) Kapal Negara (KN) SAR Puntadewa 250-RB 212 Maumere serta staf operasi, sumber daya, dan urusan umum.

Baca juga: Basarnas Medan siagakan personel dan peralatan selama Lebaran 2024

Supriyanto Ridwan yang membacakan sambutan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo menekankan personel yang bertugas untuk melaksanakan patroli dan pemantauan di lokasi-lokasi rawan kecelakaan, pusat keramaian, dan tempat wisata.
 
"Cek kesiapan peralatan, alat komunikasi, dan alat utama dalam kondisi bersih, siap, dan aman untuk operasi,” katanya.

Baca juga: Basarnas operasikan 120 drone thermal amankan perjalanan libur Lebaran
 
Ia menjelaskan mobilitas masyarakat secara nasional pada masa penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024, menurut survei berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.
 
"Aktivitas perjalanan mudik ke kampung halaman ini menggunakan moda transportasi darat, laut, dan udara,” ujarnya.
 
Sementara itu, puluhan personel dalam siaga SAR khusus Lebaran 2024 tersebar di Kantor SAR Maumere, Pos SAR Manggarai Barat, Pos SAR Alor, Unit Siaga SAR Ende dan Unit Siaga SAR Lembata di Kapal Negara (KN) Puntadewa 350 dan Rescue Boat (RB) 212 Maumere.

Baca juga: Basarnas buat posko Nusa Penida antisipasi bahaya selama Lebaran
 
Para personel melaksanakan siaga SAR khusus Lebaran pada 3-18 April 2024 di titik-titik keramaian seperti bandara, pelabuhan, dan objek wisata.

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024