Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, lewat digitalisasi, para pelaku UMKM di sektor ekraf yakni produk-produk andalan dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner mampu memperluas akses pemasaran.

“Dengan digitalisasi, akses pemasaran juga semakin meluas sehingga potensi penjualan produk-produk ekraf menjadi lebih tinggi,” kata Sandi di Jakarta, Kamis.
 
Ia mengatakan pemerintah terus berupaya mengakselerasi transformasi digital guna mendukung peningkatan ekonomi digital Indonesia, sebab ekosistem digital menjadi langkah awal dalam bertransformasi menuju ekosistem kolaborasi teknologi informasi agar dapat tetap bertahan.
 
Sementara itu, untuk mendukung program pemerintah, saat ini integrasi sistem TikTok Shop ke Tokopedia sudah rampung 100 persen per 27 Maret 2024. Dengan demikian proses fasilitasi transaksi pembayaran TikTok Shop kini dilakukan pada sistem elektronik Tokopedia.
 
Lewat integrasi itu, Sandi berharap akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia khususnya di sektor ekraf.

Kemenparekraf akan mendorong pelaku UMKM memanfaatkan TikTok Shop dan Tokopedia untuk berjualan serta memanfaatkan program upskilling & reskilling SDM pelaku UMKM, di antaranya melalui program TikTok Jalin Nusantara.

Hal ini juga bisa mendukung program digitalisasi 30 juta UMKM dari total 60 juta di seluruh Indonesia.
 
“Melalui integrasi ini juga membantu target Presiden Joko Widodo untuk menghasilkan 30 Juta UMKM yang bertransformasi digital pada tahun 2024,” ujarnya pulq.
Sandiaga menilai kolaborasi Tiktok Shop dan Tokopedia akan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga pasar tidak dibanjiri oleh produk impor.

Apalagi, kedua platfiorm ini sudah memiliki program kampanye digital yang sangat gencar dalam memasarkan produk lokal.

Menparekraf juga menegaskan pelaku usaha UMKM ekraf harus dapat mengambil manfaat dari langkah migrasi Tiktok Shop dan Tokopedia. Para pelaku usaha dapat menjadikan kolaborasi ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan usaha mereka.

Baca juga: Sandiaga ajak UMKM perkuat digitalisasi untuk bangkitkan ekonomi

Baca juga: Kemenparekraf: Teknologi dorong subsektor ekraf "go digital"

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024