menjaga akuntabilitas dan transparansi Kementerian ESDM
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar sarasehan media bertajuk "Powering Up Ramadan: Journeying Towards Sustainable Pathways" dalam rangka memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan media massa, yang juga berperan sebagai mitra strategis.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan media massa memiliki peran penting sebagai jembatan komunikasi antara kementerian dengan masyarakat.

"Melalui media massa, informasi terkait kebijakan energi, proyek-proyek terbarukan dan langkah-langkah strategis dapat disampaikan dengan lebih efektif kepada berbagai lapisan masyarakat. Liputan media yang berimbang dan informatif dapat membantu mengklarifikasi informasi, meminimalisir miskonsepsi, serta meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai upaya keberlanjutan yang dilakukan oleh pemerintah," ujar Agus, yang akrab disapa Aca, saat sarasehan, yang digelar di Jakarta, Rabu (3/4).

Selain itu, ungkapnya, media massa juga berperan sebagai pengawas yang dapat memantau pelaksanaan kebijakan, menyoroti potensi isu atau masalah, serta memberikan ruang bagi opini dan tanggapan masyarakat.

"Keterlibatan media dalam melaporkan perkembangan sektor energi dan mineral dapat memberikan dorongan untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi Kementerian ESDM," imbuhnya.

Aca pun berharap sarasehan media tersebut dapat memperkuat sinergi antara Kementerian ESDM dengan awak media yang selama ini telah berjalan dengan baik dalam menghadapi tantangan dan memperluas publikasi di sektor ESDM.

"Saya melihat hubungan Kementerian ESDM dengan awak media sektor ESDM telah berjalan dengan baik. Dengan acara ini, saya harap sinergi dan kolaborasi yang telah dilakukan selama ini dapat dipertahankan, lebih baik lagi dapat diperkuat," katanya. 

Baca juga: Kementerian ESDM usulkan optimalisasi dana untuk program strategis
Baca juga: Pemerintah jamin pasokan energi aman dan andal selama Ramadan Idulfitri

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024