Moskow (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada Kamis (4/4) mengatakan bahwa Moskow siap membuat perjanjian damai secara "jujur" dengan Ukraina yang akan mempertimbangkan kepentingan keamanan Moskow.

Saat berbicara dalam pertemuannya dengan duta besar negara-negara asing di Moskow, Lavrov mengajukan syarat lain untuk perjanjian damai tersebut, yaitu Kiev harus mengakui perolehan wilayah Rusia di Ukraina.

Lavrov menyebut 10 poin rencana damai yang diajukan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebagai "ultimatum", yang mendorong Rusia untuk menyerah dan kembali pada ketentuan perbatasan tahun 1991.
Baca juga: Rusia hantam pasukan Ukraina dengan bom ODAB-500

Sementara negara-negara Barat terlibat secara aktif dalam upaya mempromosikan inisiatif Zelenskyy dengan mengumpulkan 140 negara pada pertemuan mendatang yang membahas Ukraina di Jenewa, di mana Rusia tidak diundang, kata Lavrov.

Menurut dia, negara-negara Barat menggunakan taktik licik untuk menarik dukungan banyak negara terhadap rencana Zelenskyy.

Lavrov mengatakan bahwa Rusia tidak memiliki rencana untuk menghalangi partisipasi negara-negara lain dalam pertemuan di Swiss tersebut.

"Kami telah memberi tahu rekan-rekan kami (para duta besar) tentang segalanya," kata dia.
Baca juga: Rusia selidiki keterlibatan negara-negara Barat dalam serangan teroris

"Kami tidak akan menghalangi partisipasi negara-negara lain dalam KTT tersebut, seperti yang dilakukan negara-negara Barat untuk mencoba mencegah partisipasi dalam acara yang kami selenggarakan. Kami tidak memiliki kebiasaan seperti itu," tambahnya.

Lavrov mencatat bahwa Rusia dan Ukraina memiliki peluang nyata untuk mencapai perdamaian dalam perundingan di Istanbul pada Maret 2022, tetapi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan pejabat AS menggagalkannya.
Baca juga: Rusia tunjukkan bukti Ukraina terhubung dengan teroris serangan Moskow

Sejak saat itu, situasinya telah berubah, dan "realitas teritorial" baru terbentuk, kata Lavrov.

"Kami tentu siap untuk membuat perjanjian yang jujur berdasarkan pada kepentingan keamanan Rusia, berdasarkan pada realitas baru," ujar dia.

"Tentu saja, itu juga akan mempertimbangkan kepentingan keamanan negara lain, termasuk Ukraina," kata dia lebih lanjut.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Zelenskyy: Bila Rusia serbu Eropa, AS harus turun tangan

Penerjemah: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024