Kami menetapkan masa angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 31 Maret sampai 21 April 2024. Personel yang kami libatkan bertugas selama periode itu.
Cirebon (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menyiagakan sekitar 305 personel gabungan untuk memastikan keamanan serta kenyamanan  penumpang selama masa angkutan Lebaran 2024.
 
“Kami menetapkan masa angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 31 Maret sampai 21 April 2024. Personel yang kami libatkan bertugas selama periode itu,” kata Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana di Cirebon, Jumat.
 
Ia mengatakan personel gabungan itu terdiri dari 21 personel tim posko, 81 personel polisi khusus kereta api (polsuska), 142 petugas keamanan serta pelibatan bantuan eksternal TNI-Polri sekitar 61 personel.
   
Menurutnya, personel internal dari Daop 3 Cirebon dikerahkan untuk pengamanan di atas kereta api (KA) serta menjaga situasi di seluruh stasiun tetap kondusif.
 
Dicky menyampaikan seluruh personel pun secara berkala melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya, misalnya memantau kondisi Dipo lokomotif yang berada di wilayah Daop 3 Cirebon.
 
“Mereka tetap menjalin komunikasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA,” ujarnya.

Baca juga: Daop 8 siagakan 581 pasukan gabungan selama masa angkutan Lebaran 2024
 
Tidak hanya dari segi keamanan, kata dia, peningkatan pelayanan pun diberlakukan dengan menambah delapan orang petugas Customer Service Mobile (CSM) di Stasiun Prujakan serta Stasiun Cirebon.
 
Dicky menyebutkan beberapa petugas paramedis dan dokter telah ditempatkan pada stasiun besar seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun serta Brebes untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.
 
“Koordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA juga dilakukan, sebagai langkah antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat,” katanya.
 
Ia menambahkan petugas dari Daop 3 Cirebon pun akan selalu bersiaga di lapangan untuk meminimalisir risiko atau gangguan yang bisa menghambat perjalanan KA.

Baca juga: KCI operasikan 60 perjalanan KA Commuter Line saat Lebaran
 
Dicky memastikan PT KAI Daop 3 Cirebon siap menyelenggarakan angkutan Lebaran 2024, dengan memberikan pelayanan terbaik supaya penumpang dapat sampai ke daerah tujuan dalam kondisi selamat.
 
“Dengan persiapan yang matang dari seluruh aspek aktivitas KA dapat berjalan aman dan terkendali, serta seluruh pengguna jasa KA dapat menikmati momen mudik ceria penuh makna,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024