nanti bantuan pangan beras dan program SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) itu bisa mulai menggunakan beras dari produksi dalam negeri kembali
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo optimistis pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan sosial pangan beras 10 kilogram (kg) kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dari beras produksi domestik, seiring dengan mulai masuknya masa panen raya.

“Kami telah memerintahkan Bulog untuk menyerap produksi dalam negeri, karena sekarang waktunya kita menyerap, sehingga nanti bantuan pangan beras dan program SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) itu bisa mulai menggunakan beras dari produksi dalam negeri kembali,” kata Arief dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Arief menyampaikan bahwa saat ini panen raya sudah banyak, dimana per Maret hasil panen padi tercatat sekitar 3,8 juta ton, sedangkan di bulan April diprediksi panen nasional akan mencapai 4,9 juta ton. Potensi tersebut menurut Arief, bisa menjadi stok pangan dalam negeri untuk menyuplai kebutuhan pangan masyarakat.


Meski begitu, menurut Arief, memasuki masa panen raya juga menjadi hal yang harus diperhatikan utamanya bagaimana menjaga atau memastikan agar harga pembelian pemerintah (HPP) gabah kering panen (GKP) di tingkat petani tidak turun drastis selama masa panen.

Salah satu langkah yang dilakukan Bapanas untuk menjaga harga gabah di tingkat petani, kata Arief, adalah dengan memberlakukan fleksibilitas kepada Perum Bulog untuk HPP gabah kering panen menjadi Rp6.000 per kilogram (kg) dari yang sebelumnya Rp5.000 per kg.

Lebih lanjut Arief menyampaikan bantuan pangan beras menjadi salah satu program pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat dan menekan inflasi, utamanya inflasi beras.

“Untuk itu, penyaluran banpang (bantuan pangan) beras kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) ke seluruh penjuru Indonesia, selalu menjadi perhatian Presiden Joko Widodo dalam setiap kunjungan kerja ke daerah,” tutur Arief.

​​​​​​​Bapanas mencatat realisasi penyaluran bantuan sosial pangan beras 10 kg per 3 April 2024 secara nasional telah mencapai 641 ribu ton untuk penyaluran periode pertama selama Januari-Maret 2024.

Baca juga: Bapanas: Realisasi penyaluran bansos beras 10 kg capai 641 ribu ton
Baca juga: Presiden sebut bantuan pangan beras hingga akhir tahun bergantung APBN
Baca juga: 35.000 KPM di Demak peroleh bantuan pangan beras 10 kg hingga Juni


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024