Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Dr dr Vito A. Damay mengatakan, olahraga adalah cara terpenting dalam mencegah varises, karena dapat melancarkan sirkulasi darah dari kaki ke jantung.

Vito menjelaskan bahwa varises, atau yang lebih tepatnya disebut penyakit vena kronis, adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi di pembuluh darah. Dia mencontohkan, gangguan tersebut berupa pengentalan darah, gangguan pada katup sehingga jantung tidak dapat menarik darah dari kaki.

"Nah yang kedua, didorong oleh bantuan dari otot kaki, yang mendorong pompa tersebut kembali ke jantung," ujarnya dalam "Kaki Bengkak saat Mudik atau Travelling? Kenali dan Atasi Varises" yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Jumat.

Dokter itu menyebut bahwa apabila jarang berolahraga, sehingga betis jarang bergerak, maka kemampuan memompa darah otot kaki agar darah naik ke jantung berkurang. Penyakit ini, ujarnya, sering menyerang orang yang berlama-lama duduk, seperti pekerja kantoran atau penyiar, bahkan orang yang dalam perjalanan panjang, semisal mudik.

Menurutnya, olahraga yang mudah dan manjur sebagai pencegahan adalah berjalan kaki, terutama power walking atau berjalan cepat. Hal tersebut, ujarnya, membuat sirkulasi darah dari kaki ke jantung, serta jantung ke kaki, semakin baik.

"Dengan kita lakukan jalan 30 menit, kalau bisa 40 menit, itu lebih bagus lagi," katanya.

Dia menjelaskan, saat berjalan pun postur harus benar, agar pemompaan darah ke jantung optimal. Sebagai contoh, ujarnya, saat berjalan, kontraksi di betis harus dirasakan. Apabila berjalan secara malas-malasan, tidak ada kontraksi, dan sirkulasi darah tidak dapat diperbaiki.

Menurutnya, postur berjalan yang benar adalah tumit yang mendarat ke tanah terlebih dahulu, baru diikuti ujung kaki yang mendorong badan ke depan.

Apabila tidak memungkinkan untuk berjalan, katanya, dapat melakukan ankle pumping ankle atau menggerak-gerakkan pergelangan kaki maju mundur seperti menginjak pedal gas mobil.

"Lalu dengan jinjit-jinjit. Kalau gak kuat sendiri karena kondisi kesehatan sendiri, atau gak bisa jenjit sendiri, boleh dibantu pegangan ke dinding, lalu kita jenjit-jenjit, ulang lagi biasa, jenjit lagi, napak lagi, jenjit lagi, napak lagi," katanya.

Menurutnya, apabila terjadi pembengkakan berulang, dapat terjadi komplikasi maka dapat terjadi komplikasi berupa peradangan atau inflamasi di bagian pembuluh darah kaki sampai ke kulit.

Hal tersebut, katanya, menyebabkan kulit berwarna kemerahan atau kebiruan, karena darah kotor yang seharusnya naik ke jantung tidak berhasil naik, sehingga tidak dapat ditukar dengan oksigen sehingga bersih kembali

Vito menilai, pencegahan lebih baik daripada mengobati, dan menangani atau mengobati lebih awal lebih baik daripada mengalami komplikasi.

Baca juga: Varises bisa turunkan produktivitas seseorang

Baca juga: Tips memakai sepatu hak tinggi agar bebas dari varises

Baca juga: Dokter: Ibu hamil perlu ganti posisi duduk maksimal dua jam sekali

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024