Palembang, Sumsel (ANTARA) - Foto dua orang petugas PT Kereta Api Indonesia membantu seorang penumpang masuk pintu kereta karya Alfery Ibrohim, dari HU Sumatera Ekspres menjadi juara pertama lomba foto jurnalis "Mudik Naik KA Ceria dan Penuh Makna" yang digelar PT Kereta Api Indonesia Divre III Palembang.

Hasil bidikan kamera jurnalis foto berambut panjang di Stasiun Kertapati Kota Palembang itu mendapat nilai tertinggi menyisihkan puluhan karya foto jurnalis lainnya yang turut serta dalam lomba itu.

"Karya yang diikutsertakan baik tampilan, kualitas teknik pemotretan, kekuatannya gagasannya yang hampir merata, sehingga tim juri kesulitan dalam menentukan pemenang lomba. Dan semangatnya memang mampu terekam, keceriaan dan ada juga sisi human interest dari momen Mudik Lebaran ini," kata Kepala Divisi Regional III Palembang PT KAI, Yuskal Setiawan, saat penyerahan hadiah kepada pemenang lomba di Stasiun Kertapati Kota Palembang, Jumat (5/4/2024).

Sedangkan juara kedua lomba jurnalis Budiman dari Sumatera Ekspres serta ketiga Abriansyah Liberto dari Tribun Sumsel. Selain itu enam hadiah hiburan untuk enam karya favorit yang masuk tahapan final yakni karya Musfahul Imam (Info Sumsel),M Awaludin Fadjri (Anadolu), Alhadi Fadjri (Palembang Ekspres), Evan Zumarli (Sumatera Ekspres), M Mardiansyah dan Edwinsyah Satria.

Pengambilan gambar lomba foto kerja sama PT KAI Divre III Palembang dan Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Selatan itu pada periode 26 Maret - 2 April 2024 di stasiun wilayah kerja PT KAI Divre III Palembang yakni dari Stasiun Kertapati - Prabumulih, Muara Enim, Lahat dan Stasiun Lubuk Linggau.

"Momen mudik lebaran ini ajang keceriaan dan kebahagiaan bagi masyarakat, khususnya bagi pemudik. PT KAI khususnya di Divre III Palembang berupaya memberikan pelayanan maksimal," kata Yuskal.

Kegiatan itu juga menjadi bentuk kolaborasi perusahaan dengan insan pers dalam hal ini jurnalis foto di Sumatera Selatan. Ia sangat mengapresiasi karena peserta datang dari sejumlah kota wilayah kerja Divre III Palembang.

Sementara itu Kepala Humas Aida Suryanti menyebutkan lomba foto "Mudik naik KA ceria dan penuh makna" itu memang digelar di momen-momen awal mudik lebaran.

"Para peserta mengangkat selain aktivitas mudik juga sisi lain dari antusias, keceriaan, dan menyentuh sisi humanis yang," kata Aida.

Ia menyebutkan pada mudik lebaran 2024 ini, PT KAI Divre III Palembang menyediakan 56.124 tempat duduk. Bahkan secara khusus untuk mengatasi lonjakan penumpang disediakan tambahan sebanyak 3.896 tiket atau ketersediaan tempat duduk.

Sengaja penyerahan hadiah pemenang dilakukan di Stasiun Kertapati yang menjadi salah satu ikon di wilayan kerja Divre III Palembang. Stasiun legendaris di Kota Palembang itu merupakan stasiun pemberangkatan dan tujuan dari KA lintas Kota Palembang-Lubuk Linggau dan Palembang- Rajabasa (Lampung).

Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Sumatera Selatan Syarif Abdullah menyebutkan kegiatan lomba foto itu sebagai ajang untuk memberikan apresiasi bagi para jurnalis untuk menampilkan karya terbaiknya di momen mudik lebaran ini.

Kolaborasi PT KAI Divre III dan Biro ANTARA Palembang dalam penyelenggaraan lomba foto "Mudik naik KA ceria dan penuh makna" itu juga merupakan bagian dari sinergi BUMN dan kolaboratif yang merupakan salah satu nilai budaya kerja BUMN, AKHLAK.

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024