harus memastikan semua pompa air berfungsi dengan baik
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Simon Lamakadu mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar tetap menyiagakan personel untuk mengantisipasi banjir selama libur Lebaran untuk memberikan rasa aman bagi warga.
 
“Pemprov harus memastikan semua pompa air berfungsi dengan baik selama libur Lebaran, serta tersedianya sumber daya manusia selama cuti Lebaran sehingga tidak ada kendala teknis jika situasi buruk terjadi nanti,” kata Simon kepada wartawan di Jakarta, Jumat, usai melakukan pemeriksaan beberapa pintu air  di wilayah Jakarta Pusat bersama KasatPel SDA Kemayoran.
 
Dalam pemantauannya tersebut, Simon memastikan pompa-pompa di Pintu Air Honda 1 dan 2, Rumah Pompa Sumur Batu, Rumah Pompa Cempaka Baru, dan Rumah Pompa Kemayoran berfungsi baik dan siap dioperasikan kapanpun.
 
Kesiagaan ini merupakan bentuk tanggung jawab dari pemerintah untuk memberikan rasa aman dan nyaman menjelang libur Lebaran di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.
 
“Jangan sampai ketika ditinggal mudik, warga menjadi khawatir rumah mereka terendam banjir sehingga mengganggu momen ketika berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman," ujarnya.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa sebanyak 66 Rukun Tetangga (RT) di Jakarta tergenang banjir dalam waktu dua hari terakhir, yakni 3-4 April 2024.
 
Adapun data sebaran wilayah terdampak banjir, terbanyak kawasan Jakarta Selatan dengan 31 RT yang berada di delapan kecamatan wilayah itu.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melanjutkan pembangunan infrastruktur pengendali banjir pada tahun anggaran 2024 mulai dari perkuatan tanggul kali hingga pembangunan waduk atau embung.
 
"Pada 2024 ini, kita bangun lima polder, revitalisasi pompa stasioner di dua lokasi, serta pembangunan delapan waduk atau embung dengan rincian enam proyek lanjutan dan dua lagi baru," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum di Jakarta, Rabu.
 
Adapun lima polder tersebut berlokasi di Sunter C, Gaya Motor, Kali Sepatan (KBN), IKPN, dan RW 13 (Greenville).
Baca juga: DKI kerahkan prasarana penanggulangan bencana di fase mudik Lebaran
Baca juga: 66 RT di Jakarta tergenang banjir dalam waktu dua hari
Baca juga: Sejumlah wilayah di Jakarta Timur terendam banjir

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024