Banten (ANTARA) -
Rombongan anggota Komisi V DPR mengecek kesiapan layanan mudik Lebaran 2024 di Terminal Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Jumat.

Ketua Komisi V DPR Lazarus yang ikut dalam rombongan menyatakan pihaknya memperkirakan sejauh mana kesiapan layanan penyeberangan di lintas Merak (Banten) menuju Bakauheni (Lampung) khususnya pada periode puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4).

"Saya lihat ASDP dan mitra terkait termasuk regulator telah mempersiapkan dan mengantisipasi layanan dengan matang untuk menghadapi puncak arus mudik maupun balik," ujar Lazarus.
 
Setelah tiba di terminal eksekutif Sosoro-Merak rombongan langsung meninjau konter servis pelanggan di lantai dua, ruang tunggu penumpang, dan juga memeriksa langsung Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Sebuku yang tengah melakukan proses bongkar-muat di dermaga VI Pelabuhan Merak.

Sejumlah poin yang menjadi perhatian rombongan anggota DPR di antaranya terkait apakah kapalnya sudah laik laut, proses docking, ketersediaan alat-alat keselamatan, sampai kebersihan dan fasilitas kapal.
 
ASDP selaku operator penyeberangan terus memaksimalkan persiapan baik sarana dan prasarana lewat kolaborasi bersama sejumlah stakeholder kepelabuhanan, sehingga sehingga masyarakat yang akan mudik dengan kapal feri dapat melakukan perjalanan dengan lancar, aman, dan selamat.
 
Hal itu diapresiasi oleh anggota Komisi V DPR salah satunya Tamanuri.

"Saya lihat sudah banyak kemajuannya. Tadi di bawah kami lihat tidak ada penumpukan atau kemacetan. Kalau ramai, itu wajar. Karena jelang arus puncak, volume meningkat dan pergerakan bersamaan. Tapi ini kan sudah dioperasikan kapal-kapal ukuran besar, minimal 5.000 Gross Tonage (GT) sehingga bisa mengangkut muatan lebih banyak," kata Tamanuri.

Baca juga: BMKG: Penyeberangan Merak - Bakauheni relatif aman
Baca juga: Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi H-4 Lebaran

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024