Jika dibandingkan di awal bulan, ini sudah meningkat sekitar 10 persen. Kami prediksi, kami optimistis untuk jumlah penumpang ini bisa di atas 20.000 pada saat momen angkutan Lebaran
Jakarta (ANTARA) - General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan perusahaan optimistis jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh yang berangkat dari Stasiun KCJB Halim dapat mencapai lebih dari 20.000 orang per hari selama periode mudik dan milir Idul Fitri 1445 Hijriah.
 

Target tersebut dipatok berdasarkan pengalaman pada periode libur panjang Imlek yang lalu di mana saat itu Kereta Whoosh memberangkatkan sekitar 20.000 penumpang per hari.

Per 5 April 2024 atau H-5 Lebaran, kata Eva, jumlah penumpang mulai meningkat dibanding hari biasa.
  "Jika dibandingkan di awal bulan, ini sudah meningkat sekitar 10 persen. Kami prediksi, kami optimistis untuk jumlah penumpang ini bisa di atas 20.000 pada saat momen angkutan Lebaran," kata Eva saat dijumpai di Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Halim, Jakarta, Jumat.

  KCIC secara perdana melayani angkutan mudik Lebaran di tahun ini usai resmi beroperasi pada Oktober 2023.

  Pada Jumat siang atau H-5 Lebaran, Eva mencatat terdapat sekitar 15.000 pengguna jasa yang akan berangkat menggunakan Kereta Whoosh dari Halim menuju Tegalluar. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan masih dilakukannya penjualan tiket hingga malam hari.

  Khusus di periode libur Lebaran, KCIC menambah perjalanan Kereta Whoosh menjadi 52 perjalanan per hari dari yang sebelumnya 40 perjalanan per hari pada Februari.

  Eva mengatakan, KCIC akan mengoperasikan sebanyak 20 perjalanan reguler dan 12 perjalanan tambahan. Dengan adanya penambahan perjalanan sejak 3 April 2024, maka kapasitas maksimum yang tersedia mencapai 31.000 kursi per hari.

  "Jadi kami harapkan, kalau kami bisa mencapai sekitar sekitar 25.000 penumpang per hari, itu mungkin sudah ada di sekitar 70-80 persennya (dari total kapasitas maksimum)," kata dia.

  Eva memprediksi peningkatan jumlah penumpang Whoosh secara signifikan mulai terjadi setelah H-5 Lebaran. Perjalanan Kereta Whoosh akan terus dipadati oleh para pengguna jasa yang ingin berwisata ataupun bersilaturahmi dengan keluarga di wilayah Bandung dan sekitarnya.

  Kereta Whoosh beroperasi mulai pukul 06.40 WIB hingga pukul 20.00 WIB untuk relasi Halim - Tegalluar serta pukul 05.05 WIB hingga pukul 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar - Halim.

  Adapun jadwal keberangkatan paling sibuk (peak hour) dari Stasiun Halim terjadi pada waktu pagi hingga sore hari. Sementara jadwal keberangkatan paling sibuk dari Stasiun Tegalluar terjadi pada waktu siang hingga malam hari.

Baca juga: KCIC tambah 12 perjalanan kereta untuk layani angkutan Lebaran 2024
Baca juga: KCIC terapkan aturan terkait bagasi penumpang kereta cepat
Baca juga: KCIC: prasarana kereta cepat Whoosh siap untuk angkutan Lebaran 2024


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024