Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menyiapkan sebanyak 15 atlet basket usia muda untuk menjalani latihan selama enam bulan di Lithuania guna menyiapkan talenta unggul yang siap berkompetisi mewakili Indonesia pada kejuaraan level internasional.

"Tujuan kami (mengirim atlet ke Lithuania) untuk menjalankan program kami mengembangkan atlet-atlet yang berbakat," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Perbasi Danny Kosasih dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, para atlet yang dikirim ke Lithuania sebagai negara yang sangat maju dalam olahraga basket memiliki kriteria tertentu yaitu berusia 18 tahun yang memiliki tinggi badan minimal 180 centimeter.

Baca juga: Upaya mencari bakat basket muda bertinggi tubuh minimal 180 cm

"Pihak Lithuania sendiri sebenarnya meminta tinggi badan atlet minimal 2 meter tetapi kami tawar menawar hingga sepakat minimal 180," ujarnya.

Danny mengakui bahwa banyak pertanyaan muncul di masyarakat yang mempertanyakan apakah orang berpostur tubuh pendek tidak bisa bermain basket, namun khusus untuk program di Lithuania ini difokuskan kepada atlet yang berpostur tinggi dan memiliki bakat yang bagus.

"Tapi kalau program nanti pada kompetisi seperti di FIBA Asia U-18 itu anak tinggi 150 pun boleh main," ujarnya.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad pemain muda untuk kejuaraan di 2024

Tim yang dikirim ke Lithuania, kata dia, juga berbeda tujuan dengan tim U-18 yang akan dikirim untuk berkompetisi pada SEABA U-18 2024 di Malaysia. Tim yang ke SEABA, kata dia, harus berupa tim yang tangguh, sedangkan tim yang ke Lithuania adalah untuk menyiapkan atlet-atlet berbakat.

"Jadi sangat berbeda sekali tujuannya," ujar Danny menegaskan.

Ia menambahkan, Perbasi sudah berkoordinasi dengan pemerintah serta mendapat persetujuan dari para orang tua atlet untuk program ke Lithuania. Keberangkatan tim ke Lithuania, kata dia, akan disesuaikan dengan hasil kompetisi SEABA U-18 maupun FIBA Asia Cup U-18 di Yordania.

Sebelum diberangkatkan, kata dia, para atlet akan menjalani tes kesehatan karena ada peraturan di Lithuania yang menerima atlet yang tidak memiliki riwayat pemakai narkoba, tidak memiliki penyakit yang membahayakan, serta kondisi struktur fisik atau tubuh yang baik.

Baca juga: Perbasi kirim bakat-bakat muda bertinggi minimal 180 cm ke Lithuania
Baca juga: Kembangkan timnas, Perbasi pantau pemain muda di seluruh Indonesia

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024