Pameran ini menjadi ajang promosi hulu sampai ke hilirnya dunia pertanian tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat di daerah saja.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) memacu anak muda untuk mengenal lebih dalam tentang pangan melalui pameran foto pertanian, sehingga dapat membangkitkan kesadaran akan pentingnya sektor pertanian bagi bangsa.

“Pameran ini menjadi ajang promosi hulu sampai ke hilirnya dunia pertanian tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat di daerah saja, namun juga lebih dekat dengan masyarakat perkotaan," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Kuntoro mengatakan pameran foto tersebut memajang berbagai jenis sub-sektor pertanian, meliputi hortikultura; lahan daun bawang, petani dengan bawang merah; sarana dan prasarana rice transplanter, combine harvester, pompanisasi; menanam padi; menyadap karet; petani milenial; serta ternak sapi.

“Kegiatan pameran foto pertanian kali ini merupakan upaya nyata agar pertanian lebih terbuka, terekspose. Kegiatan ini bertujuan mempromosikan pertanian agar dikenal masyarakat secara luas,” ujar Kuntoro.

Kuntoro berharap pameran foto pertanian yang dilaksanakan di kawasan tempat nongkrong anak muda Jakarta Selatan di MBloc, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pertanian serta memperkuat hubungan antara petani, produsen, dan konsumen. Dengan demikian, dunia pertanian dapat lebih dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat secara luas.

Selain itu, menurut Kuntoro, kehadiran pameran foto tersebut juga menjadi bukti nyata bahwa Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan sektor pertanian sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia.

Lebih lanjut Kuntoro mengatakan dengan semakin terbuka dan terekspose terkait dunia pertanian, maka dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk terlibat dalam pengembangan sektor pertanian, baik sebagai petani, pelaku usaha, maupun konsumen yang cerdas.

Selain itu, pameran yang mengangkat potensi sektor pertanian, merupakan langkah yang positif dalam menjalin kerja sama antara Kementan dan masyarakat untuk menciptakan pertanian yang lebih berdaya saing dan berkelanjutan di masa depan.

Tenaga Ahli Menteri Bidang Komunikasi Publik Kementan Imam Wahyudi menambahkan bahwa foto merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menunjukkan keindahan dan keberagaman dunia pertanian.

"Melalui foto, kami dapat menjelaskan dengan gamblang betapa menariknya dunia pertanian dan semua yang terkait dengannya. Komposisi gambar dapat menggambarkan keindahan serta kehidupan di balik layar dunia pertanian," kata Imam pula.
Baca juga: ANTARA gelar pameran foto rayakan HPN 2024
Baca juga: Komunitas Fotografer Jayapura gelar pameran foto banjir bandang


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024