Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mendukung pelaksanaan kejuaraan dunia barongsai digelar di Britama Arena Mahaka Square Jakarta, pada 16-20 Mei 2024.
 
Dalam laman Kemenpora RI yang dipantau ANTARA di Jakarta, Dito merespons baik atas rencana Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) yang menjadikan Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.
 
"Pasti kami support, nanti tinggal di koordinasikan saja," kata dia saat menerima audiensi pengurus olahraga tersebut di Kantor Kemenpora RI, Jumat.
 
Menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu mendukung penuh, agar Indonesia bisa meraih prestasi dan menjadi tuan rumah yang baik selama pelaksanaan berlangsung.
 
Penasehat PB FOBI Tono Suratman mengatakan bahwa segala persiapan sudah dilakukan untuk menyukseskan acara tersebut, sehingga dirinya optimistis bisa berjalan dengan baik.
 
Ia menjelaskan, kejuaraan dunia itu berlangsung dengan tiga kategori, yaitu Barongsai Tradisional dan Taolu Bebas, Pekingsai, serta Naga.
 
"Sekaligus kami meminta izin, rencananya ketiga kategori itu kami mengusulkan untuk memperebutkan Piala Presiden, Piala Menpora, dan Piala Menhan," ujar Tono.
 
Ia menambahkan, sebanyak 11 negara termasuk Indonesia akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam ajang tersebut.
 
Dalam audiensi itu, PB FOBI juga secara resmi mengundang Menpora Dito agar berkenan hadir saat acara pembukaan.
 
Di Indonesia, Grup barongsai Kong Ha Hong merupakan salah satu kelompok yang sering mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.
 
Grup yang berasal dari Jakarta itu, telah lima kali menjadi juara dunia.
 
Sejak berdiri 25 tahun silam, Kong Ha Hong rutin mengikuti kompetisi baik dalam dan luar negeri.
 
Prestasi terbaiknya adalah menjadi juara dunia pada tahun 2009, 2015, dan 2019 di China, serta 2014 dan 2017 di Indonesia.
 
Tak hanya itu, mereka juga sering tampil selama perayaan Imlek di berbagai mal atau pusat perbelanjaan di dalam dan luar negeri.

Baca juga: KONI Pusat sebut barongsai punya peran besar untuk sport tourism
Baca juga: Tim juara dunia barongsai bakal turun di PON Aceh-Sumut
Baca juga: KONI Pusat: FOBI harus buktikan barongsai adalah olahraga berprestasi

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024