Kami menyediakan takjil pada jam-jam tertentu untuk membantu penumpang yang akan berbuka puasa.
Jakarta (ANTARA) -
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan sebanyak 1.202 takjil gratis per hari untuk dibagikan kepada para penumpang Kereta Cepat Whoosh menjelang waktu berbuka puasa.
 
Layanan tambahan tersebut tersedia sejak 4 April 2024 hingga 9 April 2024 di Stasiun Halim dan Stasiun Tegalluar, dengan total takjil yang disiapkan KCIC sebanyak 7.212 buah.
 
"Di masa angkutan Lebaran ini, pada saat ini juga masih Ramadhan, kami menyediakan takjil pada jam-jam tertentu untuk membantu penumpang yang akan berbuka puasa," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa saat dijumpai di Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Halim, Jakarta, Jumat.
 
Lebih lanjut, Eva mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen KCIC untuk memberikan layanan terbaik kepada penumpang dan bentuk apresiasi kepada pengguna Whoosh di bulan Ramadhan.
 
Penumpang dengan jadwal keberangkatan pukul 18.00 WIB, baik dari Stasiun Halim maupun Stasiun Tegalluar, akan mendapatkan paket takjil berupa kurma dan air mineral.
 
Eva mengatakan, KCIC juga mempersilakan penumpang untuk makan dan minum selama dalam perjalanan Whoosh. Meski demikian, penumpang harus selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah sisa makanan dan minumannya ke tempat yang telah disediakan.
 
Selain penyediaan takjil gratis, KCIC berupaya meningkatkan pelayanan dari berbagai sisi selama libur Lebaran termasuk menambah tenant-tenant baru, baik restoran maupun coffee shop, sehingga para penumpang bisa menjadi lebih nyaman pada saat berada di stasiun.
 
Eva menambahkan, KCIC juga menambah petugas customer service mobile yang bersiaga setiap hari di Stasiun Halim dan Stasiun Tegalluar. Sebanyak 24 petugas customer service selalu siap untuk membantu mengarahkan penumpang.
 
Dari sisi keamanan, sebanyak 524 personel keamanan dikerahkan KCIC setiap harinya yang tersebar di seluruh stasiun Kereta Cepat Whoosh. Dari sisi layanan kesehatan, KCIC berkoordinasi dengan puskesmas dan rumah sakit di sekitar stasiun guna mengantisipasi apabila ditemukan keadaan darurat kesehatan pada penumpang.
 
Khusus di periode libur Lebaran, KCIC menambah perjalanan Kereta Whoosh menjadi 52 perjalanan per hari dari yang sebelumnya 40 perjalanan per hari di bulan Februari. Penambahan tersebut juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi.
 
Eva mengatakan pihaknya juga melakukan penguatan koordinasi dengan sejumlah operator untuk memastikan kemudahan akses transportasi yang terintegrasi baik yang akan menuju stasiun maupun yang akan keluar dari stasiun.
 
"Besok (6/4) akan dibuka Exit Toll Km 1+850. Sehingga nanti untuk aksesibilitas menuju Stasiun Halim sudah ada dua akses. Pertama lewat Jalan D.I. Panjaitan, yang kedua melalui akses tol 1+850. Tadi kami sudah berkoordinasi dengan Jasa Marga, besok sudah bisa digunakan," kata Eva pula.
Baca juga: KCIC terapkan aturan terkait bagasi penumpang kereta cepat
Baca juga: KCIC tambah 12 perjalanan kereta untuk layani angkutan Lebaran 2024

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024