Sampai pukul 17.00 WIB tadi, sudah 28.701 kendaraan yang melintas di Tol Palikanci.
Cirebon (ANTARA) -
PT Jasa Marga Toll Road Operator (JMTO) mencatat sebanyak 28.701 unit kendaraan sudah melintas di Jalan Tol Palikanci Cirebon, Jawa Barat, saat arus mudik pada H-5 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.
 
Manajer Area PT JMTO Ade Rukmana mengatakan lonjakan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di ruas tol tersebut terjadi sejak Jumat sore, serta diprediksi jumlahnya akan meningkat hingga malam ini.
 
“Sampai pukul 17.00 WIB tadi, sudah 28.701 kendaraan yang melintas di Tol Palikanci. Kami mengestimasikan bahwa jumlah ini akan bertambah seiring meningkatnya pemudik yang berangkat dari arah Jakarta,” kata Ade saat dikonfirmasi di Cirebon, Jumat malam.
 
Ia menyampaikan dari data terakhir, jumlah kendaraan yang telah melewati ruas Tol Palikanci tercatat sekitar 3.008 kendaraan.
 
Dengan melihat tren peningkatan itu, menurut dia, puncak arus mudik di sepanjang ruas tol tersebut dapat terjadi pada H-4 Lebaran atau Sabtu (6/4) besok.
 
“Peningkatan ada, tapi belum signifikan. Kami prediksi puncak arus mudik terjadi besok,” ujarnya.
 
Sebelumnya, PT JMTO memperkirakan akan ada sekitar 123.729 unit kendaraan yang melaju di Tol Palikanci saat puncak arus mudik terjadi.
 
Ade mengemukakan dalam momen itu, lonjakan kendaraan bisa mengalami peningkatan sebesar 6 persen dibandingkan realisasi jumlah pemudik di tahun 2023 pada periode yang sama.
 
“Peningkatan jumlah kendaraan pun akan terjadi selama arus balik Lebaran 2024 di ruas tol Palikanci sebesar 30 persen,” ujar dia pula.
 
Pihaknya menjamin selama periode Lebaran, pelayanan terhadap para pemudik akan ditingkatkan agar mereka merasa nyaman dan aman saat berada di ruas tol maupun saat beristirahat di rest area.
Baca juga: PT JMRB optimalkan empat SPKLU di Tol Palikanci saat mudik Lebaran
Baca juga: Pengelola Rest Area Palikanci siap layani pengendara mudik Lebaran

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024