Lewat program ini, kami berupaya UMKM ekraf naik kelas dan semakin terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 digelar di 12 kabupaten/kota.
 
"Tahun ini ada 12 kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi tuan rumah pelaksanaan," ujar Sandiaga dalam sambutan virtual temu sapa finalis AKI yang dipantau dari Jakarta, Jumat.
 
Kegiatan tersebut bakal digelar di kabupaten/kota yang meliputi Bekasi, Serang, Singkawang, Magelang, Blitar, Denpasar, Toba, Palu, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, Ternate hingga Merauke.
 
Sandiaga menyebut, pendaftar AKI 2024 mencapai 6.680 peserta dengan 400 pelaku ekraf yang lolos kurasi. Program yang menghadirkan peningkatan keahlian (skill), pengetahuan hingga pemasaran dalam meningkatkan usaha sektor ekraf ini mampu meningkatkan kelas UMKM yang terlibat.

Tahun ini AKI hadir dengan inovasi baru yakni dengan adanya keterlibatan subsektor ekonomi kreatif tambahan seperti gim. Sehingga pada 2024, terdapat tujuh subsektor ekraf yang terlibat di dalamnya yakni kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film, serta gim.
 
"Lewat program ini, kami berupaya UMKM ekraf naik kelas dan semakin terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujarnya.
 
Sandiaga pun meminta finalis untuk memanfaatkan momentum penyelenggaraan AKI 2024 dengan sebaik mungkin guna membangun usaha sehingga mampu merajai produk di dalam negeri serta mampu menyasar pasar global.
 
Ia juga berharap, usai dirinya mengakhiri tugas sebagai Menparekraf, program prioritas ini dapat berlanjut untuk memberikan etalase kepada pelaku ekraf terbaik di Indonesia.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf Yuke Sri Rahayu mengatakan, tahun ini merupakan penyelenggaraan keempat AKI. Sebelumnya pada periode 2021-2023, AKI telah digelar di 16 kabupaten/kota yang berbeda dengan tahun ini.
 
"Di tahun keempat digelar di 12 kab/kota yang berbeda dengan kota sebelumnya dengan tujuan pemerataan kesempatan untuk teman-teman pelaku ekraf mendapatkan kegiatan untuk pengembangan produk ekraf di luar kota sebelumnya," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf luncurkan program Apresiasi Kreasi Indonesia 2024
Baca juga: Menparekraf: AKI 2023 momentum tingkatkan kapasitas produk UMKM Manado
Baca juga: Tutup gelaran AKI 2022, Menparekraf optimistis transaksi meningkat

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024