Melalui konvensi calon presiden perseorangan ini, akan menguji visi, misi, dan kompetensi para tokoh potensial yang menjadi peserta."
Jakarta (ANTARA News) - Lembaga swadaya masyarakat The President Center akan menyelenggarakan konvensi calon presiden dari jalur perseorangan atau independen mulai akhir November 2013.

"Ya, kami akan menyelenggarakan konvensi calon presiden dari jalur perseorangan," kata Direktur The President Center Didied Maheswara di Jakarta, Selasa.

Menurut Didied, konvensi calon presiden jalur perseorangan yang akan diselenggarakan The President Center bukan karena latah atau ingin ikut-ikutan dengan Partai Demokrat dan lembaga lainnya, tapi untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat serta penyadaran mengenai pentingnya kompetensi yang harus dimiliki para calon presiden.

Konvensi yang akan diselenggarakan oleh The President Center ini, kata dia, juga merupakan momentum untuk menampilkan figur potensial tapi tidak diakomodasi oleh partai politik.

"Melalui konvensi calon presiden perseorangan ini, akan menguji visi, misi, dan kompetensi para tokoh potensial yang menjadi peserta," katanya.

Didied menjelaskan, melalui konvensi ini The President Center ingin menjaring para tokoh potensial yang tidak diakomodasi oleh partai politik menjadi calon presiden alternatif dari jalur perseorangan.

Melalui konvensi calon presiden perseorangan ini, kata dia, pihaknya ingin menampilkan kompetensi, tidak sekadar jargon dan pencitraan.

Menurut dia, konvensi calon presiden yang ada saat ini hanya sebatas pemaparan program tanpa menguji kompetensi figur yang mengikuti konvensi.

The President Center, kata dia, akan melibatkan sejumlah pakar dan akademisi independen dari perguruan tinggi yang memiliki integritas sebagai penguji kompetensi untuk menguji para peserta konvensi calon presiden perseorangan.

Didied berharap para tokoh masyarakat yang potensial bisa menjadi peserta konvensi calon presiden perseorangan yang diselenggarakan The President Center. (R024/S024)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013