Jakarta (ANTARA) - Ribuan penumpang tercatat berangkat dari Terminal Bus Tanjung Priok Jakarta Utara sejak Rabu 3 April hingga Jumat 5 April 2024.

"Total jumlah penumpang yang berangkat tercatat 2.451 penumpang hingga Jumat (5/4), kata petugas Dishub di Terminal Bus Tanjung Priok, Said M di Jakarta, Jumat

Ia mengatakan Bus paling banyak berangkat terjadi pada Kamis (4/4) sebanyak 83 bus dengan 848 penumpang.Sementara pada Rabu (3/4) ada 76 bus yang berangkat dengan membawa 716 penumpang.

Sementara pada Jumat (5/4) ada 678 penumpang yang berangkat dengan 53 bus dari Terminal Tanjung Priok ini.

Kemudian untuk penumpang yang datang pada Rabu (3/4) sebanyak 444 penumpang dengan 89 bus dan Kamis (4/4) sebanyak 520 dan 98 unit bus.

"Hari ini ada 62 bus yang datang dengan membawa 285 penumpang," kata dia.

Dirinya memprediksi puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (6/4) karena waktu yang pas untuk mudik.
"Kalau H-1 atau H-2 waktunya mepet dengan lebaran dan kami prediksi Sabtu puncak arus mudik," kata dia.

Menurut dia bus dari Terminal Tanjung Priok ini memiliki sejumlah rute ada rute pendek, ada rute sedang dan rute panjang.

Untuk rute pendek, katanya ada ke Banten dan rute sedang ke Jawa Barat dan untuk rute jauh ke Jawa Timur bahkan ke Pulau Sumatera.

Selain itu pihak Terminal Bus Tanjung Priok juga melakukan pemeriksaan terhadap fisik kendaraan bus yang akan berangkat.

Menurut dia sejumlah bus yang datang akan diperiksa kondisi sebelum berangkat dan sejauh ini semua laik jalan.

"Kami juga memeriksa kesehatan sopir yang akan membawa penumpang dan ini bertujuan untuk keselamatan dalam perjalanan," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024