Jakarta (ANTARA) - Setelah melarang aplikasi emulator gim, sebuah program yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan gim dari suatu konsol, kini Apple telah mengizinkan aplikasi tersebut untuk bisa diunduh oleh pengguna melalui App Store.

Melansir laporan The Verge pada Sabtu, Apple mengumumkan bahwa emulator gim kini bisa tersedia di App Store dan aplikasi tersebut boleh menawarkan gim-gim yang dapat diunduh dengan catatan gim tersebut harus mematuhi segala aturan yang berlaku.

Dengan begitu, pengembang emulator konsol retro yang sebelumnya sudah mempublikasikan aplikasinya di Android kini juga dapat menghadirkan aplikasi mereka kepada pengguna iOS.

Baca juga: Apple, Meta, dan Google jadi target investigasi ketidakpatuhan

Diketahui, emulator gim telah lama dilarang di perangkat iOS yang membuat pemilik iPhone mencari solusi agar bisa mengakses aplikasi tersebut contohnya melalui jailbreaking atau menggunakan platform pengunduhan aplikasi pihak ketiga.

Di samping memberikan kelonggaran aturan untuk emulator gim, Apple membuat peraturan baru untuk super apps seperti WeChat. Peraturan itu mewajibkan fitur mini-games dan mini-apps dalam aplikasi tersebut harus menggunakan HTML5, sehingga tidak bisa menjadi aplikasi bawaan.

Baca juga: Apple dilaporkan menyerah pada impiannya kembangkan microLED

Perubahan ini dikabarkan menjadi respons Apple terhadap gugatan anti monopoli yang dilayangkan Amerika Serikat. Perusahaan teknologi itu dituduh melakukan monopoli dengan membatasi pengembang cloud game streaming dan super apps untuk mempublikasikan aplikasinya di iOS.

Baru-baru ini, Apple telah mengizinkan ketersediaan layanan cloud game streaming seperti Xbox Cloud Gaming dan GeForce Now di App Store.

Selain itu, aplikasi pemutaran musik juga sudah diperbolehkan untuk diunduh di iOS untuk wilayah Uni Eropa, termasuk mengizinkan tautan di dalam aplikasi yang mengarahkan pengguna untuk melakukan pembelian konten musik digital.

Baca juga: Tim Cook sebut China rantai pasokan paling penting bagi Apple

Baca juga: Apple bakal ubah "Apple ID" jadi "Apple Account" mulai iOS 18

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024