Jakarta (ANTARA) - Lima berita pilihan seputar perekonomian kemarin (5/4) masih menarik untuk dibaca pada Sabtu.

Mulai dari postur Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, dampak positif mudik bersama BUMN terhadap arus lalu lintas, peningkatan kapasitas nelayan melalui kebijakan hilirisasi, kepastian defisit APBN 2025, serta penambahan penerbangan untuk masa mudik Lebaran 2024.

Berikut beritanya:

Kemenkeu mulai susun postur RAPBN 2025 untuk pemerintahan baru

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama sejumlah kementerian dan lembaga terkait mulai membahas komposisi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2025 sebagai alokasi anggaran perdana untuk pemerintahan yang baru.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat sore, usai menggelar pertemuan dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait RAPBN 2025.

Baca berita selengkapnya

Menhub: Mudik Gratis BUMN membantu arus mudik lebih kondusif

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dengan adanya Program Mudik Gratis BUMN akan membantu menciptakan situasi arus mudik yang lebih kondusif selama angkutan Lebaran 2024/1445 Hijriah.

“Mudik Gratis BUMN membantu arus mudik lebih kondusif karena selain membantu saudara kita yang ingin pulang kampung, di sisi lain membantu agar mereka yang tadinya naik sepeda motor berpindah pada angkutan massal bus,” kata Budi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca berita selengkapnya

 

KKP miliki program hilirisasi dukung peningkatan kapasitas nelayan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dari sisi hilir memiliki sejumlah program dalam mendukung pengembangan kapasitas nelayan nasional yang meliputi fasilitasi proyek percontohan (modeling) kampung nelayan hingga memberikan dukungan pengembangan kapasitas bagi istri nelayan (scale up).

“Memfasilitasi pengembangan modeling hilirisasi berbasis kampung nelayan. Proyek percontohan dilakukan di Pulau Pasaran, Lampung khususnya untuk mendukung nelayan penangkap ikan teri,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistiyo di Jakarta kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Baca berita selengkapnya

Pemerintah sepakat jaga defisit APBN 2025 di bawah 3 persen

Pemerintah menyepakati untuk menjaga defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2025 berada di bawah 3 persen.

"Disepakati komitmen untuk menjaga defisit di bawah 3 persen akan tetap dipegang agar disiplin dari APBN bisa terjaga dan itu juga untuk meningkatkan kualitas serta stabilitas sehingga pemerintah baru bisa fokus untuk men-deliver program-program prioritasnya," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani usai membahas komposisi RAPBN 2025 di Istana Negara, Jakarta, Jumat.

Baca berita selengkapnya

Menhub sebut ada penambahan 2.800 penerbangan domestik untuk mudik

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya sudah mencatat adanya penambahan 2.800 penerbangan domestik untuk masa mudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2024.

Menhub mengatakan di Jakarta, Jumat, penambahan jumlah penerbangan tersebut merupakan bentuk keseriusan dari maskapai penerbangan yang ada di tanah air guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat periode mudik tahun ini.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024