Beijing (ANTARA) - Sistem layanan kesehatan China memberikan bantuan kesehatan  kepada 250 juta pasien pada 2023, menurut Administrasi Keamanan Layanan Kesehatan Nasional negara itu.

Program bantuan ang merupakan bagian penting dari sistem  layanan kesehatan China yang menjamin layanan medis dasar bagi populasi rentan, diujicobakan di area pedesaan dan perkotaan negara tersebut pada 2003 dan 2005.

Menurut administrasi tersebut, dana bantuan kesehatan  China meningkat dari 1,38 miliar yuan (1 yuan = Rp2.199) pada 2005 menjadi 74,5 miliar yuan pada 2023.

Program bantuan tersebut telah memperluas cakupannya ke kelompok individu yang lebih luas. Melalui pengembangan selama 20 tahun, program inilebih efisien, imbuh pihak administrasi.

Saat ini, di sebagian besar daerah di China, pasien yang hidup dengan tunjangan subsidi atau miskin  ekstrem tidak perlu lagi membayar jumlah tagihan medis minimum.

Dana bantuan itu  memiliki rasio yang lebih tinggi terhadap biaya medis, menurut Administrasi Keamanan Layanan Kesehatan Nasional China.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024