Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan aneka fasilitas untuk memudahkan pengguna kereta selama masa mudik Lebaran 2024.

Perusahaan antara lain menyediakan layanan daring untuk reservasi dan penjadwalan ulang keberangkatan calon penumpang kereta pada aplikasi Whoosh dan situs web resmi KCIC, sehingga calon penumpang tidak harus datang ke stasiun untuk keperluan itu.

"Reservasi dan reschedule online melalui aplikasi Whoosh dan laman bisa dilakukan bagi yang membeli tiket secara daring. Jadi, penumpang tidak perlu ke stasiun," kata Manajer Komunikasi Perusahaan KCIC Emir Monti di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim, Jakarta, Sabtu.

KCIC juga menyiagakan petugas untuk membantu penumpang di titik-titik krusial seperti pintu masuk stasiun atau area peron. 

Baca juga: KAI gelar posko Lebaran untuk optimalkan layanan semasa mudik
Baca juga: KCIC sediakan 1.202 takjil gratis per hari buat penumpang Whoosh

Selain itu, perusahaan menyediakan takjil gratis bagi penumpang kereta pada waktu berbuka puasa, terutama bagi penumpang yang berangkat dari Stasiun Halim dan Tegal Luar pada jam keberangkatan 18.00 WIB.

Layanan restorasi kereta juga menyediakan aneka pilihan makanan dan minuman bagi penumpang kereta.

"Sejak kemarin layanan kereta makan sudah bisa dinikmati oleh penumpang yang terletak di kereta lima. Jadi, penumpang tidak perlu repot membawa makanan sendiri saat terburu-buru dan tidak sempat beli di stasiun, sehingga bisa beli di dalam kereta," kata Emir.

KCIC bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam menjaga keamanan penumpang kereta. Posko keamanan telah disiapkan di seluruh rute perjalanan kereta KCIC.

Baca juga: Penumpang Whoosh melonjak hingga 80 persen pada H-4 Lebaran
Baca juga: Kemenhub: Kereta api jadi pilihan utama transportasi mudik 2024

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024