Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut menyiapkan tim patroli drone atau pesawat nirawak untuk memudahkan pemantauan dari udara ke titik kemacetan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sehingga bisa secepatnya menurunkan tim untuk mengatasi kemacetan di jalur mudik.

"Selain berpatroli melakukan pengecekan jalur menggunakan kendaraan dinas, sekarang kami juga menambahkan opsi patroli jalur menggunakan drone ke lokasi yang rawan menjadi titik kemacetan arus lalu lintas," kata Kepala Kepolisian Resor Garut Ajun Komisaris Besar Polisi Rohman Yonky Dilatha di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan Polres Gerut melaksanakan Operasi Ketupat Lodaya 2024 secara maksimal dengan menggunakan semua kekuatan, termasuk inovasi untuk memudahkan tugas dalam pengamanan dan pengaturan di jalur mudik.

Salah satunya inovasi melakukan patroli jalur udara atau menggunakan drone yang dinilai cukup efektif dan akurat dalam menemukan titik terjadinya kemacetan di jalur mudik.

"Informasi yang didapat lebih cepat, serta anggota pun dapat diperbantukan ke lokasi yang menjadi penyebab kemacetan di jalan raya," katanya.

Baca juga: Polres Garut mulai berlakukan satu arah urai kepadatan di jalur mudik

Ia menyampaikan jajarannya dipastikan sudah siap siaga memberikan pelayanan di jalur mudik agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dapat berjalan lancar, aman, dan selamat sampai tujuan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Selain kesiapan personel, sarana dan prasarana pos pengaman dan pos lainnya dipastikan sudah siap di sepanjang jalur mudik di Kabupaten Garut.

Terutama, jalur mudik di wilayah utara Garut atau jalur nasional, seperti Limbangan-Malangbong merupakan jalur rawan macet, sehingga mendapatkan perhatian khusus dalam pengamanannya.

"Jalur Malangbong ini merupakan jalan nasional yang juga kecamatan paling ujung di wilayah utara Garut. Berdasarkan data dan fakta di lapangan, jalur ini selalu menjadi potensi titik rawan kemacetan," kata Kapolres.

Sementara itu, situasi arus lalu lintas pada empat hari sebelum (H-4) Lebaran 2024 dilaporkan sudah mulai terjadi kepadatan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya lintas Limbangan-Malangbong.

Kepolisian setempat sudah beberapa kali memberlakukan sistem satu arah dengan menarik laju kendaraan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya agar tidak terjadi kemacetan lebih panjang.

Baca juga: Polres Garut beri perhatian lima titik jalur mudik rawan kecelakaan
Baca juga: Dishub Garut sebar rambu petunjuk arah dan bencana di jalur mudik

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024