Puncak arus mudik Lebaran 2024 akan fluktuatif bisa Sabtu sore (6/4) bisa Minggu (7/4).
Pekalongan (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Tengah memastikan arus mudik Lebaran 2024, baik melalui jalan tol, jalur selatan, maupun jalur pantai utara (pantura), masih terpantau aman dan lancar.

"Dari pantauan terakhir, rata-rata arus mudik masuk Tol Kali Kangkung mencapai sekitar 3.000 per jam. Ya, ada peningkatan sekitar sekian persen, namun arus mudik masih terpantau lancar," kata Kapolda Jateng Irjen Pol.  Achmad Luthfi di Pekalongan, Sabtu.

Menurut dia, puncak arus mudik Lebaran 2024 akan fluktuatif bisa Sabtu sore (6/4) bisa Minggu (7/4).

Kepadatan arus lalu lintas di jalan tol dan pantura, kata Kapolda, dimungkinkan akan terus meningkat sehingga pengamanan arus mudik Lebaran terus ditingkatkan.

"Semua anggota di lapangan sudah saya perintahkan untuk melakukan penyisiran di jalur pantura karena di jalur itu sekarang sudah padat dan dimungkinkan kendaraan roda dua juga akan terus meningkat," katanya.

Usai bersilaturahmi di kediaman Habib Lutfi bin Yahya, Kapolda didampingi Wakil Kepala Polda Brigjen Pol. Agus Suryonugroho mengatakan bahwa kebijakan one way secara nasional hingga 9 April 2024 dengan melihat eskalasi.

"Jika pun terjadi trouble spot, kami juga sudah memiliki tim urai untuk mengurai terjadinya kepadatan arus lalu lintas," katanya.

Kapolda mengimbau pemudik yang akan masuk wilayah Jawa Tengah agar mengecek kondisi kendaraannya dan jaga kesehatan pengendara sebelum melakukan mudik Lebaran.

"Ingat keluarga yang berada di rumah sedang menunggu sehingga kami imbau utamakan keselamatan. Jika ada permasalahan di jalan, segera menghubungi polisi," katanya.

Baca juga: Sopir Bus antusias cek kesehatan di Terminal Kampung Rambutan
Baca juga: Dishub: Ribuan kendaraan melintasi jalur Indramayu di H-4 Lebaran

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024