Jakarta (ANTARA) — Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) DKI Jakarta, menggelar kegiatan Bakti Sosial dengan melakukan “Sosialisasi Komunikasi Keluarga & Berbagi Sembako”, di RPTRA Kelurahan Cililtan, Jakarta Timur, Rabu.

Mengusung tema "Komunikasi Keluarga", kegiatan ini diikuti 60 peserta yang terdiri dari para kader, tokoh masyarakat dan warga yang merupakan para orang tua.

Ketua ISKI DKI Jakarta, Dra. Anita Wulandari Prasojo, M.Si., mendorong ISKI DKI Jakarta untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan untuk ikut berkontribusi secara keilmuan terhadapan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

“Kami percaya bahwa ilmu komunikasi dapat berperan penting dalam menjawab masalah-masalah kemasyarakatan, dan ISKI DKI Jakarta harus selalu jeli mengidenfitikasi berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat Jakarta, sehingga mampu memberikan solusi nyata," ungkap Ketua umum ISKI DKI Jakarta itu.

Diskusi dengan aparat dan kader Kelurahan Cililitan menunjukkan bahwa salah satu masalah sosial yang paling serius di wilayah ini adalah kenakalan remaja terutama dalam bentuk tawuran, yang menimbulkan korban baik luka berat maupun ringan, selain korban materi. 

Terkait dengan hal tersebut, keluarga memiliki peran dalam membentuk perilaku manusia dalam menghadapi tantangan dan pendekatan dari luar, dan peran orangtua menjadi kunci. Tidak dapat dipungkiri, hubungan yang menjadi kepedulian kebanyakan orang adalah hubungan dalam keluarga. Keluarga mewakili suatu konstelasi hubungan yang sangat khusus. 

Peran keluarga sangat penting dalam membentuk karakter anak melalui pola asuh orangtua. Ketika orangtua tidak bisa memainkan peran dalam membentuk karakter anak, tidak dapat dipungkiri, anak akan tumbuh dengan karakter yang tidak dikehendaki orangtua. Peran penting orangtua dalam komunikasi keluarga inilah yang menjadi fokus yang hendak disampaikan kepada para tokoh masyarakat ini, dengan harapan dapat diteruskan kepada warganya. Sosialisasi ini melibatkan para praktisi komunikasi, akademisi ilmu komunikasi serta perwakilan mahasiswa terkait dari berbagai universitas di Jakarta.

Lurah Cililitan, Sukariya, ST, MM mengapresiasi kolaborasi ISKI dengan Kelurahan Cililitan yang menghadirkan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Mimah Susanti, S.Sos selalu pemateri dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok terfokus (Focused Group Discussion – FGD). 

“Kegiatan Sosialisasi Komunikasi Keluarga dan Berbagi Sembako ini sangat bermanfaat bagi warga Cililitan, mengingat isunya relevan dengan persoalan sosial yang dihadapi banyak keluarga di wilayah ini“, ujar Sukariya.

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya ISKI DKI Jakarta untuk mewujudkan sinergi antara akademisi dan masyarakat dalam berkontribusi secara nyata di bidang ilmu komunikasi untuk memberikan solusi terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi masyarakat. Inisiatif ini juga didukung oleh berbagai perusahaan ternama antara lain Danone, Sari Husada, Teh Celup Sosro, ABC Kraft Heinz dan Allo Bank.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024