Kami menghidupkan 1x24 jam membuka pelayanan kesehatan dari puskesmas sampai seluruh rumah sakit
Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiagakan waktu penuh 24 jam fasilitas kesehatan sejak arus mudik hingga balik Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Kami menghidupkan 1x24 jam membuka pelayanan kesehatan dari puskesmas sampai seluruh rumah sakit dan memastikan semua pelayanan BPJS berlaku baik seluruh warga masyarakat Bengkulu maupun masyarakat yang mudik," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Sabtu.

Baca juga: Kapolri evaluasi arus mudik di Merak percepat bongkar muat kendaraan
 
Dia mengatakan hal tersebut tentu akan memudahkan masyarakat termasuk pemudik selama periode Lebaran. Layanan kesehatan tidak akan terganggu oleh karena hari cuti bersama libur Idul Fitri 2024.
 
Sehingga masyarakat dan pemudik tetap mendapatkan layanan kesehatan optimal selama libur Lebaran. Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga menyiagakan tenaga kesehatan di posko-posko mudik untuk membantu pemudik yang membutuhkan perawatan atau penanganan kesehatan.
 
Rohidin juga menegaskan para pemudik yang membutuhkan perawatan kesehatan saat berada di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia itu bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan mereka.

Baca juga: 222 ribu orang dan 46.250 kendaraan telah diseberangkan ke Bakauheni
 
"Kami memastikan seluruh layanan BPJS Kesehatan berlaku, baik untuk seluruh masyarakat Bengkulu maupun masyarakat yang mudik ke Bengkulu," katanya.

Menurut dia, upaya tersebut dilakukan agar seluruh masyarakat dan pemudik tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal selama periode arus mudik, lebaran dan arus balik Idul Fitri 2024.
 
"Kami berupaya supaya bisa dilayani dengan BPJS Kesehatan dengan Bengkulu sudah memenuhi cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage/UHC) 99,98 persen di 2024 ini, ujarnya.

Baca juga: Pemudik yang lintasi Rejang Lebong Bengkulu diimbau waspada longsor

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024