Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberangkatkan total sebanyak 880 peserta Mudik Bersama BUMN secara bertahap mulai Jumat (5/4) hingga Minggu (6/4) dengan menggunakan 19 unit bus.

Para pemudik tersebut berangkat dari Jakarta, Banten, Sumatera Barat, dan Riau menuju berbagai daerah tujuan di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

“Kami bersyukur tahun ini SIG dapat kembali berpartisipasi dalam program Mudik Bersama BUMN untuk menjadi bagian dari kebahagiaan masyarakat dalam perayaan Idul Fitri di kampung halaman,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Pada Jumat (5/4), SIG memberangkatkan 80 pemudik dari Jakarta dengan tujuan akhir Surabaya via Tol Trans Jawa.

Sementara pada Sabtu, sebanyak 700 pemudik gelombang kedua diberangkatkan dari Jakarta dan Banten (Serang dan Tangerang Selatan) menuju sejumlah kota/kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai dari Tegal hingga Gresik dan Surabaya.

Selanjutnya pada Minggu (7/4), sebanyak 60 pemudik diberangkatkan dari Kota Padang, Sumatera Barat menuju Medan, Sumatera Utara, serta 40 pemudik dari Kota Dumai, Riau, menuju Kota Padang, Sumatera Barat.

Perseroan menyampaikan, para pengemudi bus yang membawa pemudik juga telah menjalani tes kesehatan guna memastikan kondisi mereka dalam keadaan sehat.

Perseroan juga memastikan bahwa moda transportasi yang digunakan memenuhi standar keselamatan dan kelayakan.

Selain itu, SIG juga memberikan fasilitas penunjang untuk para pemudik seperti asuransi perjalanan (asuransi mudik) dengan nilai klaim maksimal Rp50 juta, kaos, topi, obat-obatan, goodie bag, serta makanan dan minuman.

Salah satu peserta mudik gratis, Fauzi, merasa gembira atas program tersebut. Setelah beberapa tahun tidak pulang kampung, laki-laki berusia 43 tahun itu kini bisa membawa istri, anak, dan orangtuanya mudik ke Jawa Timur.

Menurut laki-laki yang berprofesi sebagai tenaga konstruksi itu, program mudik gratis dari SIG sangat membantu keluarganya yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

“Semoga tahun depan SIG bisa mengadakan mudik gratis lagi agar bisa membantu lebih banyak orang lagi," kata Fauzi.

Menurut Vita, partisipasi SIG dalam program Mudik Bersama BUMN merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang ingin bersilaturahmi bersama sanak saudara dan kerabat di kampung halaman pada momen Idul Fitri.

Program mudik gratis khususnya ditujukan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja di sektor informal, seperti tenaga konstruksi, pekerja kebersihan, dan pegiat UMKM.

Vita pun berharap, program tersebut semakin memperkuat relasi antara SIG dengan masyarakat sekaligus memperkokoh awareness mereka terhadap produk dan layanan SIG yang menjangkau masyarakat luas di penjuru Tanah Air.

Baca juga: Semen Indonesia salurkan 6.000 paket sembako jelang akhir Ramadhan
Baca juga: Pendapatan SIG naik 6,2 persen menjadi Rp38,65 triliun pada 2023
Baca juga: SIG jadikan riset terapan sebagai basis pengembangan produk

 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024