Jadi tadi kami mengusulkan untuk dibuat bendungan karet di Sungai Jeneberang dan Sungai Tallo
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengusulkan kepada rombongan Komisi V DPR RI agar membangun bendungan karet di Sungai Tallo dan Jeneberang.

"Ini adalah salah satu momentum di mana kunjungan reses Masa Persidangan IV Tahun 2023-2024 anggota Komisi V DPR di Kantor Gubernur Sulsel kami manfaatkan untuk mengusulkan beberapa program mendesak seperti pembangunan bendungan," ujarnya di Makassar, Sabtu.

Baca juga: Satlantas Tulungagung rekayasa lalu lintas imbas perbaikan jembatan

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan kunjungan Komisi V DPR-RI di Makassar, Sulawesi Selatan dalam rangka peninjauan infrastruktur dan transportasi persiapan mudik Lebaran 2024.

Di hadapan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Andi Iwan Darmawan Aras, Danny mengusulkan pembangunan bendungan karet di Sungai Tallo dan Jeneberang.

"Jadi tadi kami mengusulkan untuk dibuat bendungan karet di Sungai Jeneberang dan Sungai Tallo," katanya.

Danny menyatakan, jika bendungan karet itu dibangun maka Sungai Jeneberang bisa berfungsi maksimal sebagai sumber air baku. Begitu pun dengan Sungai Tallo bisa dijadikan sumber air baku.

Ia menjelaskan, jika sebagian warga Kota Makassar untuk musim kemarau kesulitan mendapatkan air bersih sehingga dengan adanya bendungan tersebut akan memudahkan dalam membangun proyek infrastruktur.

"Dan Sungai Tallo bisa dijadikan sumber air baku. Tapi selama inikan tidak ada. Jadi manajemen air kita lebih baik," terangnya.

Baca juga: Pemkab OKU salurkan bantuan kepada korban bencana alam

Usulan tersebut, lanjutnya telah didiskusikan terlebih dulu bersama Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin.

"Dari tadi pagi saya bersama dengan Pak Pj Gubernur sudah mendiskusikan itu. Makanya tadi saya usulkan itu," tuturnya.

Ia pun mengatakan jika usulan itu mendapat respon positif dari Komisi V DPR-RI, sehingga ia berharap agar usulan-usulan tersebut bisa ditindaklanjuti.

Apalagi di Jeneberang yang sudah memiliki bendungan karet namun kondisinya sudah rusak sehingga butuh perbaikan.

"Alhamdulillah tadi sudah dicatat, semoga itu bisa ditindaklanjuti. Di Jeneberang kan sudah ada tapi rusak, makanya air asin masuk. Jadi di Jeneberang itu bisa Makassar ambil bisa Gowa ambil," bebernya.

Sebelumnya, Danny Pomanto mendampingi Pj Bahtiar Baharuddin menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI di Kawasan Gor Sudiang guna memastikan kesiapan lahan.

"Kalau stadion itu aman, saya cuma mengusulkan agar kapasitasnya 30 ribu penonton dan itu suratnya sudah ada," ucapnya.

Baca juga: Jembatan Kaligawe Tol Semarang-Demak difungsikan saat mudik Lebaran

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024