... insiden ini satu serangan teroris bermotif nasionalisme... "
Jerusalem (ANTARA News) - Seorang tentara Israel tewas ditikam seorang pemuda Palestina di dalam satu bus di daerah utara negara itu.

"Tentara Israel yang ditikam pagi ini ada di dalam bus di Terminal Bus Afula. Tewas akibat luka-luka cedera yang dialaminya di rumah sakit," kata Juru Bicara Kepolisian setempat, Micky Rosenfeld, kepada AFP, Rabu.

Pemuda Palestina yang berusia 16 tahun itu berasal dari Jenin di bagian utara Tepi Barat Sungai Jordan ditahan oleh para penumpang dan pasukan keamanan di bus itu, kata Rosenfeld.

"Kami menganggap insiden ini satu serangan teroris bermotif nasionalisme," tambahnya.

Menurut polisi, pemuda Paletina itu tidak memiliki izin berada di daerah Israel.

Mereka mengatakan pemuda itu naik bus itu di rute Nazareth-Afuls dan menyerang serdadu saat tiba di tempat tujuannya.

Radio militer yang mengutip pernyataan para warga Palestina mengatakan ia melakukan serangan itu karena pamannya mendekam dalam penjara Israel.

Ada beberapa serangan dalam beberapa pekan belakangan ini dengan korban jatuh di kedua pihak di tengah-tengah meningkatnya ketegangan dan spekulasi kemungkinan meletus Intifada ketiga, atau perlawanan.

Intifada pertama rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel meletus pada 1987-1993, setelah itu (kedua) terjadi pada 2000-2005, yang menewaskan 3.000 warga Palestina dan 1.000 warga sipil Israel, pun pasukan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013