Jakarta (ANTARA) - Para penumpang yang akan mudik ke beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, memadati Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, karena bus yang ditunggu belum datang.

Seorang penumpang tujuan Jepara, Jawa, Tengah Udin mengatakan, sudah menunggu bus dari jam 17.00 tapi hingga jam 21.30 WIB bus yang ditunggu belum datang.

"Sudah lama di sini, nunggu bus, tapi informasinya masih kena macet," kata Udin saat berbincang di Terminal Lebak Bulus, Sabtu malam.

Ia mengatakan, baru bisa pulang ke kampung halamannya di Jepara pada Sabtu ini karena pekerjaan baru selesai dan ia langsung bergegas ke terminal.

Baca juga: Dompet Dhuafa sediakan Pos Mudik Ramah Keluarga di Kampung Rambutan

Menurut dia, pihak perusahaan otobus (PO) memberitahukan bahwa jadwal keberangkatan pada jam 17.00 WIB, tapi setelah berada di terminal tepat waktu ternyata bus yang mengarah ke Jakarta terjebak macet di jalur Pantura.

Untuk itu, kata Udin, jadwal keberangkatan yang semestinya jam 17.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB belum ada tanda-tanda keberangkatan karena masih menunggu bus sampai di terminal tersebut.

"Jenuh juga lama menunggu, tapi bagaimana lagi ingin pulang kampung. Jadi rela menunggu meski lama," tuturnya.

Baca juga: ASN DKI dilarang pakai kendaraan dinas untuk mudik Lebaran

Ia mengatakan, cukup susah mendapatkan tiket bus karena sejumlah perusahaan penyedia jasa telah terpesan habis sehingga ia harus rela ke Terminal Lebak Bulus.

"Saya dari Bogor, karena tiket yang dari sana sudah habis hingga tanggal 8 April," katanya.

Sementara itu, pemudik asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bernama Tri mengaku belum mendapatkan tiket bus, karena untuk bus yang ke daerahnya tanpa harus membeli tiket terlebih dahulu.

"Belum ada tiket. Kalau ke Cirebon siapa cepat dia dapat. Dan saya belum dapat karena bus belum datang," kata Tri yang sedang menunggu kedatangan bus dengan anak dan istrinya.

Penumpang yang akan mudik ke beberapa daerah di Jawa masih menunggu kedatangan bus. Hingga menjelang tengah malam bus yang semestinya berangkat paling terakhir pukul 20.00 WIB belum juga sampai terminal tersebut.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024