Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi berlakukan kebijakan one way atau satu arah di beberapa titik rawan kemacetan di jalur utara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadi penumpukan kendaraan.

"Pemberlakuan one way ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan kelancaran arus lalu lintas selama periode Ops Ketupat Lodaya 2024 khususnya di jalur utara, ," kata Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo di sela meninjau aktivitas mudik di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Tony, pemberlakuan satu arah itu dimulai pukul 16.00 WIB hingga waktu yang tidak ditentukan. Adapun titik lokasi yang diberlakukan satu arah itu di pintu keluar Tol Cigombong hingga Mako Polsek Cicurug.

Pemberlakuan one way dan uji coba contraflow diharapkan mencegah terjadinya kemacetan panjang selama arus mudik berlangsung khususnya di wilayah utara yang merupakan jalur penghubung Sukabumi dengan Bogor.

Uji coba rekayasa arus lalu lintas ini dilakukan setiap 15 menit sekali atau waktu-waktu tertentu yang mengharuskan dilakukan contraflow. Dengan uji coba ternyata membuahkan hasil arus lalu lintas mulai dari pintu keluar Tol Cigombong, kemudian sekitar Mako Polsek Cicurug arus kendaraan mengalir.

"Kami tentunya melakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum melaksanakan rekayasa lalu lintas agar masyarakat khususnya pengguna jalan dan pemudik mendapatkan informasi dengan baik," tambahnya.

Tony berharap dengan upaya yang dilakukan pihaknya ini bisa memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelancaran dan keselamatan berlalu lintas selama periode Ops Ketupat Lodaya 2024 atau saat arus mudik hingga balik lebaran.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024