Jakarta (ANTARA) - Arsenal berhasil memetik tiga poin krusial dalam persaingan meraih gelar Liga Premier Inggris 2023/34 setelah menghajar Brighton & Hove Albion 3-0 dalam matchday ke-31 di The American Express Community Stadium pada Minggu (07/4) dinihari WIB.
 
Tim tamu sudah unggul di babak pertama lewat eksekusi penalti Bukayo Saka. Arsenal menambah dua gol lagi di babak kedua berkat Kai Havertz dan Leandro Trossard.
 
Berdasarkan laman resmi Liga Inggris, hasil ini membawa Arsenal memuncaki klasemen sementara dengan 71 poin dari 31 laga.

Liverpool ada di urutan kedua dengan 30 poin, tetapi memainkan satu pertandingan lebih sedikit. Manchester City membayangi Arsenal dan Liverpool di posisi ketiga dengan 70 poin dari 31 pertandingan.
 
Sementara itu, Brighton harus tertahan di urutan ke-10 dengan 43 poin dari 31 pertandingan.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool geser Arsenal dari puncak klasemen
 
Brighton langsung menekan Arsenal dan beberapa kali mendapatkan peluang di kotak penalti Arsenal. Namun belum bisa membuahkan gol.
 
Pada menit ke-13, Gabriel Jesus hampir mencetak gol untuk Arsenal andai saja kiper Brighton, Bart Verbruggen gagal menepis tendangan asal Brasil itu.
 
Arsenal mendapatkan hadiah penalti setelah Gabriel Jesus dijegal. Saka maju sebagai eksekutor dan sukses membawa Arsenal memimpin 1-0 pada menit ke-33.
Tuan rumah coba membalas lewat tendangan Julio Enciso ke tiang jauh dari luar kotak penalti. Usaha itu masih belum berbuah gol setelah David Raya membuat penyelamat brilian pada menit ke-43.
 
Tidak ada gol lagi yang tercipta di sepanjang babak pertama. Arsenal unggul 1-0 atas Brighton.
 
Arsenal terus menekan Brighton di babak kedua. Namun, skuat Roberto De Zerbi masih bertahan dengan solid.
 
Arsenal baru bisa menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-62. Umpan tarik dari Jorginho berhasil dituntaskan oleh penyerang asal Jerman, Kai Havertz.
 
Brighton kembali kebobolan pada menit ke-86. Leandro Trossard menuntaskan serangan balik cepat untuk membawa Arsenal menang dengan skor 3-0.
 
Arsenal sendiri telah meraih 10 kali kemenangan, 1 kali seri dan tanpa kekalahan di Liga Premier Inggris pada tahun 2024. Mereka tercatat telah mencetak 33 gol dan hanya kebobolan empat kali tahun ini di kompetisi teratas Inggris tersebut.

Baca juga: Arteta ungkap Odegaard punya peran kunci tingkatkan hubungan tim
 
Susunan pemain:
Brighton (4-2-3-1): Verbruggen; Tariq Lamptey, Jan Paulvan Hecke, Lewis Dunk, Pervis Estupinan; Carlos Baleba, Jakub Moder (63' Buonanotte); Julio Enciso (63' Joao Pedro), Pascal Groß, Simon Adingra; Danny Welbeck (76' Ansu Fati).
 
Arsenal (4-3-3): David Raya; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko (72' Tomiyasu); Martin Odegaard (89' Vieira), Jorginho, Declan Rice; Bukayo Saka (64' Martinelli), Kai Havertz (89' Nketiah), Gabriel Jesus (64' Trossard).

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024