Jakarta (ANTARA) - Lima berita seputar ekonomi kemarin (6/4) masih menarik untuk disimak pada hari ini Minggu.
 
 
Mulai dari penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada masa mudik Lebaran 2024, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan kendaraan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) di H-5 lebaran, kinerja ekspor hasil hutan Indonesia, serta ketersediaan tiket kereta api.
 
 
 
Berikut beritanya:
 
 
 
SPKLU jadi andalan pemudik Lebaran yang menggunakan mobil listrik
 
 
 
Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Pengelola tempat istirahat dan pelayanan (rest area) KM 10A Tol Jagorawi mengungkapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU menjadi andalan bagi pemudik Lebaran 1445 Hijriah yang menggunakan mobil listrik.
 
 
 
General Affair dan HRD Manager Rest Area KM 10A Budimansyah mengatakan bahwa SPKLU di rest area-nya-nya memiliki dua nozzle dan berkapasitas 60 kWh, sehingga bisa melakukan pengisian ulang daya secara cepat (fast charging).
 
 
   
 
 
H-4 Lebaran, Pergerakan penumpang di Bandara Soetta capai 188 ribu
 
 
 
PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Sabtu (06/04) atau H-4 hari menjelang Idul Fitri (Lebaran) 1445 Hijriah/2024 Masehi telah mencapai 188.000 orang.
 
 
 
"Hari ini menjadi puncak arus mudik. Kita prediksi hari ini ada 1.200 penerbangan, lalu dengan total penumpang 188 ribu penumpang," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda di Tangerang, Sabtu.
 
 
   
 
 
H-5 Lebaran, Jasa Marga catat 551 ribu kendaraan tinggalkan Jabotabek
 
 
 
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 551.876 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 sampai dengan H-5 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 atau pada Rabu-Jumat, 3-5 April.
 
 
 
Marketing & Communication Department Head/Pgs. Corporate Communication & Community Development Group Head
 
Jasa Marga Faiza Riani mengatakan,
 
angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).
 
 
   
 
 
KLHK: Kinerja ekspor hasil hutan menunjukkan tren positif di awal 2024
 
 
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan kinerja ekspor hasil hutan Indonesia menunjukkan tren perbaikan memasuki awal tahun 2024 di tengah kondisi pasar yang penuh ketidakpastian akibat situasi geopolitik dan ekonomi global.
 
 
 
"Kalau tren positif ini bisa ditingkatkan, kami berharap kinerja ekspor produk hasil hutan setidaknya menyamai capaian tahun 2023 lalu," kata Plt Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari KLHK Agus Justianto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
 
   
 
 
KAI Daop 1 Jakarta sebut 249.515 tiket H2 hingga H+10 masih tersedia
 
 
 
KAI Daop 1 Jakarta mencatat 249.515 tiket masih tersedia untuk keberangkatan pada H2 hingga H+10 Lebaran atau 11-21 April 2024 dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen berdasarkan data pada Sabtu.
 
 
 
“Bagi masyarakat yang belum memiliki tiket untuk mudik atau balik dapat memilih tanggal di luar tanggal favorit, yaitu tanggal 11 sampai 21 April 2024,” kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Sabtu.
 
 
 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024