China melaporkan lonjakan yang signifikan yakni 752,84 juta perjalanan antardaerah selama liburan Festival Qingming selama tiga hari dan berakhir pada Sabtu (6/4)
Beijing (ANTARA) - China melaporkan lonjakan yang signifikan yakni 752,84 juta perjalanan antardaerah selama liburan Festival Qingming selama tiga hari dan berakhir pada Sabtu (6/4), menurut data Kementerian Transportasi China.

Rata-rata 250,95 juta perjalanan per hari diproyeksi terjadi selama liburan tersebut. Hal itu menandakan peningkatan 56,1 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu, dan pertambahan sebanyak 20,9 persen dari 2019.

Secara rinci, arus perjalanan penumpang via jalur darat diperkirakan mencapai 695,19 juta perjalanan, dengan rata-rata 231,73 juta perjalanan per hari. Angka ini menunjukkan lonjakan 55,1 persen dari setahun sebelumnya.

Sementara itu, perjalanan kereta diproyeksi mencapai 49,74 juta pada periode tersebut dengan rata-rata perjalanan secara harian meningkat 75,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi lebih dari 16,58 juta perjalanan.

Kementerian Transportasi China juga memperkirakan 2,8 juta perjalanan via jalur laut dan 5,1 juta perjalanan via jalur udara selama periode tersebut.

Guna mengantisipasi lonjakan perjalanan, otoritas transportasi China telah meningkatkan upaya mereka. Operator kereta negara itu mengatakan akan mengoperasikan 1.163 kereta tambahan pada Sabtu.

Festival Qingming atau Hari Ziarah Makam merupakan festival tradisional China untuk memberikan penghormatan kepada orang-orang yang telah meninggal dan mendoakan leluhur mereka. Selama periode festival tersebut, masyarakat China juga memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan di luar ruangan dan bertamasya. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024