Cirebon (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Cirebon, Jawa Barat, mencatat sebanyak 208.706 unit kendaraan sudah melintasi ruas Jalan Tol Cipali dan jumlah itu diprediksi bertambah pada H-3 Lebaran 2024.

Kepala Satlantas Polresta Cirebon Kompol Ardi Wibowo di Cirebon, Minggu, mengatakan lonjakan arus kendaraan di ruas tol tersebut terus meningkat seiring banyaknya pemudik yang bergerak dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Sampai dini hari tadi, kami menghimpun data ada sekitar 208.706 kendaraan sudah melewati Gerbang Tol Palimanan Cipali,” katanya.

Ia menuturkan untuk menghadapi adanya lonjakan pemudik, seluruh personel terus bersiaga serta dalam kondisi tertentu bakal memberlakukan pengaturan yang diperlukan. Salah satunya, kata dia, mengantisipasi penumpukan kendaraan di jalur arteri sebagai imbas dari penerapan sistem one way di ruas tol.

Kasatlantas memastikan bahwa sampai H-3 Lebaran, situasi lalu lintas di wilayah hukum Polresta Cirebon masih terkendali meski beberapa titik terjadi kepadatan.

“Sejak hari Kamis lalu volume kendaraan meningkat. Pergerakan kendaraan yang melintas masih akan terjadi hingga Minggu(7/4) malam,” ujarnya.

Ardi mengimbau masyarakat yang melakukan mudik harus tetap berhati-hati dan perlu mempersiapkan berbagai hal, yang dibutuhkan selama perjalanan.

Menurut dia, pemudik yang melintas di ruas tol juga harus menaati rambu-rambu lalu lintas serta mengikuti arahan lebih lanjut dari petugas.

“Semoga pemudik bisa menaatinya dan selalu berhati-hati agar selamat sampai tujuan,” ucap dia.

Sementara Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali Sri Mulyo menyampaikan berdasarkan perhitungan trafik menunjukkan, jumlah keseluruhan kendaraan yang melaju di ruas tol itu mencapai 124 ribu kendaraan pada Sabtu (6/4).

Apabila dibandingkan dengan angka yang diproyeksikan, kata dia, terdapat peningkatan sejumlah satu persen pada periode tersebut.

Sedangkan untuk realisasi kendaraan itu jika dibandingkan tahun 2023 pada periode yang sama, maka angkanya meningkat sebesar 20 persen.

“Ketimbang kondisi lalu lintas harian, pada H-4 Lebaran terdapat peningkatan sebesar 112 persen,” ucap dia.
Baca juga: Polri berlakukan "contraflow" di Tol Cipali arah timur
Baca juga: Korlantas berlakukan "one way" di Cipali menuju Kalingkangkung
Baca juga: Pemudik diingatkan tak parkir kendaraan di bahu jalan dekat rest area

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024