Cirebon (ANTARA) -
Tim Polisi Wanita (Polwan) Polresta Cirebon, Jawa Barat, melakukan patroli serta penyisiran di ruas tol untuk mengimbau pengendara tidak berhenti di bahu jalan saat arus mudik Lebaran 2024 berlangsung.

Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni di Cirebon, Minggu, mengatakan penyisiran yang melibatkan personel Polwan itu merupakan salah satu strategi efektif dalam mengurangi potensi kemacetan ketika terjadi lonjakan pemudik.

Baca juga: Polresta Cirebon: 208.706 kendaraan sudah melintasi Tol Cipali

Menurut dia, kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol dapat memicu terjadinya hambatan arus lalu lintas serta membahayakan pengendara lain. Oleh karena itu diperlukan imbauan rutin agar pemudik tidak melakukan tindakan itu.

“Penyisiran dan juga imbauan tersebut dilaksanakan secara berkala di jalur Tol Cipali dari mulai KM 183 hingga KM 188,” katanya.

Sumarni mengatakan pemudik yang kedapatan parkir di bahu jalan tol, akan mendapatkan teguran dari petugas dan diminta untuk segera meneruskan perjalanan.

Menurut dia, jika pemudik merasa lelah disarankan berhenti di rest area terdekat atau bisa keluar menuju jalur arteri dan beristirahat di tempat yang sesuai.

“Tidak berhenti di bahu jalan, kecuali dalam keadaan darurat. Silakan istirahat di rest area terdekat atau keluar ke arteri,” ujarnya.

Baca juga: PT JMTO: 28.701 kendaraan melintas di Tol Palikanci pada H-5 Lebaran

Selain memberikan teguran, kata Kapolres, para personel pun kerap memberikan tindakan pertolongan terhadap kendaraan yang mengalami kerusakan. Tim Polwan bakal memanggil kendaraan derek serta mekanik untuk menangani masalah tersebut.

Ia menekankan selama arus mudik, pengendara yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa di ruas tol harus mematuhi aturan, termasuk untuk tidak berhenti di bahu jalan.

Dia mengingatkan masyarakat menjaga kondisi fisik dan kendaraan, sebelum melaksanakan pulang kampung ke daerah asal.

“Pastikan kondisi kendaraan yang digunakan siap pakai atau layak jalan, cek mesin, dan kelengkapan lainnya,” katanya.

Kapolresta menambahkan selama tanggal 4-16 April 2024, sekitar 1.1711 personel gabungan disiagakan pada 16 titik. Mulai dari posko utama, pos terpadu, pos pelayanan maupun pos pengamanan yang tersebar di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Seluruh personel akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, yang melaksanakan mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Polres Cirebon Kota kerahkan tim mengurai kepadatan arus mudik di tol
Baca juga: Korlantas: Command center KM 188 dukung informasi lalu lintas Lebaran

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024