masyarakat agar tetap jaga kesehatan dan kewaspadaan saat berlalu lintas
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh memastikan arus mudik di jalur kawasan Lhokseumawe berjalan lancar dan aman, apalagi daerah itu hanya menjadi jalur persinggahan untuk para pengendara beristirahat sejenak.

“Kita turun ke lapangan melakukan uji operasi bersama memastikan bahwa persiapan dalam rangka pengamanan Ramadhan sekaligus memastikan kondisi mudik lebaran ini lancar dan aman,” kata Pj Wali Kota Lhokseumawe A Hanan di Lhokseumawe, Minggu, usai mengikuti patroli gabungan bersama Forkopimda Lhokseumawe dalam rangka pengamanan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Turut hadir Dandenpom IM/1 Mayor Cpm Darwin Nasution, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar, Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto dan unsur lainnya.

Ia menjelaskan pos dan personel siap untuk memberikan pengamanan Lebaran, yang berkolaborasi dengan Polres, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan guna memberikan kenyamanan pada saat arus mudik maupun arus balik Lebaran.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar tetap jaga kesehatan dan kewaspadaan saat berlalu lintas terlebih saat situasi hujan, begitupun kondisi rumah yang ditinggalkan tetap keadaan aman,” ujarnya.

Baca juga: TNI AL tetap siaga dan terus berpatroli selama libur Idul Fitri
Baca juga: Dishub Aceh bentuk 40 posko mudik di terminal hingga penyeberangan


Selain itu, lanjut A Hanan, operasi gabungan tersebut juga dilakukan untuk memastikan bahwa gampong-gampong atau desa dan rumah-rumah yang ditinggalkan pemudik selama Lebaran mendapatkan pengamanan yang memadai.

Pemkot dan Polres juga berkoordinasi dengan kepala desa untuk menjamin keamanan selama periode tersebut.

Sementara itu, Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto mengatakan untuk pengamanan Lebaran, terdapat empat pos strategis, yaitu Pos PAM depan kampus IAIN Lhokseumawe, Pos Simpang Krueng Geukuh, Pos Pantau Desa Ujung Blang untuk pengawasan pantai, serta Pos Waterboom dan Gunung Salak.

”Pos-pos ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan selama periode mudik Lebaran," kata Henki.

Baca juga: Kepala Terminal: Tiket bus Aceh-Medan mulai H-5 Lebaran sudah habis
Baca juga: Kepal cepat tujuan Sabang mulai layani mudik Lebaran gratis Kemenhub
Baca juga: Garuda gunakan pesawat berbadan besar di Aceh layani mudik lebaran

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024